oleh

Wow Kereeen, Ini Dia Kantor Kecamatan Pertama Kali di KBB Yang Buka Pelayanan Pada Hari Sabtu

Cipongkor, BANGBARA.COM. – Dalam setiap pelayanan untuk masyarakat, sangat diperlukan bagi Instansi Pemerintah demi memudahkan kebutuhan masyarakat.

Jika biasanya pelayanan kantor Pemerintahan dibuka hanya pada hari kerja Senin hingga Jumat saja, namun tidak untuk Kecamatan yang satu ini.

Pelayanan di Kantor Kecamatan Cipongkor, KBB, yang tetap berjalan di hari Sabtu.
Pelayanan di Kantor Kecamatan Cipongkor, KBB, yang tetap berjalan di hari Sabtu.

Yaitu Kecamatan Cipongkor, sebuah Kecamatan yang berada pada jalur selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Dimana melakukan kebiasaan tak lazim dengan membuka pelayanan di Hari Sabtu.

Gagasan ini dilakukan oleh Yayat Ruhiya, Camat yang baru beberapa hari yang lalu dilantik. Sehingga dengan kebijakan ini membuat warga tidak sedikit yang antri untuk kebutuhan data administrasi serta lainya.

“Ya benar, mulai hari ini kami buka pelayanan pada setiap hari Sabtu yang biasanya kami libur, tapi kali ini saya sudah membuat Surat Perintah (SP) kepada seluruh petugas untuk melayani setiap Sabtu”, terang Yayat kepada Bangbara, Sabtu, (25/07/2020).

Yayat Ruhyat, Camat Cipongkor.
Yayat Ruhyat, Camat Cipongkor.

Menurut Yayat dibukanya pelayanan ini melihat antusias masyarakat yang banyak membutuhkan keperluan seperti Administrasi dan Kependudukan (Adminduk) serta lainya.

Meskipun buka pelayanan warga pada hari Sabtu ini hanya setengah hari, yaitu pukul 7.30 hingga 12.00 WIB saja, pihaknya mengakui sangat keteteran karena banyak warga yang membutuhkan.

“Khusus untuk hari Sabtu kami (Kecamatan Cipongkor) buka hanya setengah hari sampai jam 12 siang saja, namun kami berharap apa yang ami lakukan ini sedikit memberikan manfaat bagi masyarakat” katanya.

Selain dari kebutuhan pelayanan tersebut, Yayat pun membeberkan program kerjanya yang akan dilakukannya ini di Cipongkor.

4 program unggulan dibuka oleh Yayat diantaranya yaitu mengikuti jejak Bupati Umbara dengan NGARIKSA Lembur yang akan dilakukanya setiap Kamis siang pukul 12.00 WIB, hingga keesokan harinya bersamaan Shalat Jumat bersama warga.

Baca Juga,  Host ILC Karni Ilyas Dipanggil Kejati NTT, Ada Apa?

Program berikutnya yaitu KAMIS NYUNDA, sebuah program dimana Camat Cipongkor yang mewajibkan seluruh perangkat Kecamatan untuk menggunakan pakaian khas Sunda, dan menggunakan bahasa Sunda serta adat istiadat Sunda lainya pada setiap hari Kamis.

Pelayanan di Kantor Kecamatan Cipongkor, KBB, yang tetap berjalan di hari Sabtu.
Pelayanan di Kantor Kecamatan Cipongkor, KBB, yang tetap berjalan di hari Sabtu.

Berikutnya yaitu, Program Fokus pada pengembangan Pariwisata di 14 Desa di Kecamatan Cipongkor yang belum ditangani oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB.

“Kami memiliki 14 Desa di Kecamatan Cipongkor ini, dan masing-masing Desa ternyata memiliki potensi wisata yang belum diperhatikan. Saya berharap diawali oleh kita, dan selanjutnya dapat dilanjutkan oleh Disparbud” paparnya.

Wisata Yang bisa di kembangkan diantanya adalah, Wisata Alam Cikahuripan di Desa Baranangsiang, Wisata Alam Sanghiang Lawang di Desa Mekarsari, Wisata Motor Cross di Desa Cibenda, Wisata Taman Bunga Nusantara di Desa Baranangsiang, Wisata Sirus Megalitikum Batu Entep di Desa Sarinagen, dan Wisata Religi Makam Syeh Muhammad Safe’i (Pangeran Atas Angin) cijenuk, Miniatur Kota Mekah asli Desa Cintaasih, serta lainnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed