oleh

Wow, Bermodal 400 Juta, Pemdes Jayamekar Rencakan Bangun Pasar Desa

Link Banner
Link Banner

Padalarang, BANGBARA.COM. – Pemerintah Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) merencanakan akan membangun Pasar Desa dengan anggaran sekitar Rp400 juta.

Hal ini merupakan program dan kebijakan dari RPJMDes 2020-2025, yang berencana meningkatkan pemberdayaan kemasyarakatan dengan memberdayakan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Link Banner

Fokus program ini juga berfungsi untuk meningkatkan gairah ekonomi masyarakat yang saat ini banyak terkendala akibat situasi dan kondisi akibat Covid-19.

Menurut rencana Pasar itu sendiri lokasinya akan berada di samping Kantor Kecamatan Padalarang, atau berdekatan dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Padalarang.

“Kami akan mencoba melakukan pengalihan tanah carik yang saat ini dijadikan lahan pertanian, akan kami optimalkan di tahun 2021 ini untuk didirikan lahan pasar seluas 4.000 meter”, ujar Mulyono selaku Sekretaris Desa (Sekdes) Jayamekar, saat ditemui, Senin (18/01/2021).

Untuk mewujudkan rencana ini, Mulyono menyebut telah disiapkan pemyertaan modal Desa sebesar Rp200 juta, dan ditambah alokasi lahan sebesar Rp200 juta, hingga total anggaran yang disiapkan sekitar Rp400 juta.

“Mungkin dari nominal sebesar itu belum optimal untuk berdirinya pasar tersebut, maka kami sangat berharap adanya peran dan bantuan dari Pemerintah Daerah khususnya Dinas terkait agar keinginan masyarakat untuk berdirinya pasar tersebut dapat terwujud”, ucap Mulyono kembali.

Dilanjutkannya, jika hal ini terwujud maka beberapa UMKM yang ada di Desa Jayamekar nantinya dapat dimunculkan di pasar Desa tersebut.

“Nantinya bisa kita kelola secara mandiri melalui BUMDes, dialokasikan di satu tempat dengan aspek tata ruang yang lebih nyaman hingga tidak ada lagi warung-warung yang tidak terorganisir”, terang Mulyono.

Selain itu, disebutkan Mulyono masyarakat bisa terbantu dengan adanya lapangan kerja baru berupa tempat usaha Pasar Desa dan yang nantinya juga diharapkan bisa menjadi salah satu penyangga Pasar di Padalarang yang saat ini sedang dibangun.

Baca Juga,  Setelah Menjadi Dinas, Ini Dia Rencana Kerja Program Damkar KBB

“Untuk langkah awal dengan anggaran yang ada saat ini akan dibangun sekitar 60 kios dari kayu, yang nantinya bertahap tahun berikutnya bisa ditingkatlah lagi seperti menambah kios, lahan parkir, mushalla, bahkan mungkin membuat kios semi permanen”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien/Abdul Kholilulloh
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed