Link Banner
205

Wow! Atlet KBB Pertama yang Ikut Paralympic Games Olimpiade di Tokyo Jepang, Ini Dia Sosoknya

  • Bagikan
Jaenal Aripin atlet disabilitas binaan NPC Indonesia Kabupaten Bandung Barat
Jaenal Aripin atlet disabilitas binaan NPC Indonesia Kabupaten Bandung Barat

BANGBARA.COM – Keterbatasan fisik tidak menjadi halangan bagi Jaenal Aripin untuk berprestasi. Terlepas dari segala kekurangan yang dimiliki, Jaenal mampu menginspirasi masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Pada tahun 2006, Jaenal mengalami kecelakaan tragis yang mengakibatkan kedua kakinya hancur akibat terlindas ban truk, hingga kini menjadi cacat pada kedua kakinya.

Sempat putus asa dan depresi, namun berkat dukungan keluarga dan kerabat dekat kemudian perlahan-lahan Jaenal kembali bangkit dan memutuskan untuk menjalani kehidupan normal.

Hingga pada suatu hari, ada ajakan dari seorang teman yang memperkenalkan Jaenal dengan dunia olahraga khusus untuk disabilitas.

Sempat diselimuti keraguan, namun pada akhirnya Jaenal memutuskan untuk mengikuti ajakan temannya dan bergabung dengan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Berkat latihan dan dukungan motivasi dari keluarga serta pelatih di NPC KBB, secara perlahan, bakat Jaenal mulai timbul.

Melihat potensi yang dimiliki Jaenal, akhirnya para pengurus dan pelatih NPC KBB memutuskan untuk mempersiapkan Jaenal dalam Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) tahun 2014 di Bekasi.

Dan benar saja, pada penampilan perdana tersebut, Jaenal berhasil meraih tiga medali emas pada Cabor Atletik (Sprint Kursi Roda) kelas T54, nomor 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

Berkat pretasinya tersebut, kemudian Jaenal dipanggil untuk mengikuti Pelatnas memperkuat tim garuda di Asean ParaGames di Singapura tahun 2015.

Pada ajang tersebut, Jaenal kembali menuai prestasi dengan mengumpulkan 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

Berlanjut pada tahun 2016, kali ini pada ajang Peparnas di Bandung, Jaenal yang tergabung dengan Kontingen Jawa Barat, dirinya berhasil mendapatkan tiga medali emas di nomor yang sama.

Berkat prestasinya tersebut, Jaenal pun kini menjadi langganan tim Garudaa di Event Olahraga Internasional

Pada Asean ParaGames yang di adakan di Malaysia pada tahun 2017, Jainal Aripin Meraih 2 Medali yaitu 1 Medali Perak dan 1 Medali Perunggu.

Dan pada tahun 2018 di Asian Para Games di Jakarta Jaenal Aripin kembali menambah pundi-pundi medali tim merah putih, dengan perolehan 2 medali yaitu 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

Dan terakhir, Jaenal dipanggil untuk mengikuti Paralympic di Olimpiade Tokyo 2020 yang rencananya dimulai tanggal 24 Agustus 2021 di Jepang.

Segala prestasi Jaenal dalam mengharumkan nama bangsa di kancah internasional, membuat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengangkat dirinya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dengan begitu semua langkah Jaenal berkat bimbingan dan dukungan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Kabupaten Bandung Barat.

Asep Darmawan Ketua NPCI KBB berharap terus mendapatkan dukungan dan support dari pemerintah, terkait prestasi yang sudah ada seperti Jainal Arifin ini, maupun lainya.

“Kami Pengurus NPCI KBB memohon dari pemerintah KBB lebih mendukung dan memperhatikan baik dari segi anggaran maupun penghargaan terhadap Atlet-Atlet (Disabilitas) KBB untuk berprestasi.” Terangnya.

Dari seluruh pengurus NPCI KBB juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemda dan DPRD KBB Khususnya kepada Wakil Ketua DPRD KBB Hj. Ida Widaningsih yang telah banyak memberikan dukungan baik saran maupun motivasi untuk NPCI KBB. (Addien)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *