oleh

Wisata Cukang Rahong Dibuka, Meski Tidak Ada Support dari Disparbud KBB, Camat Ini Nekad Teruskan

Link Banner

Cipongkor, BANGBARA.COM. – Pemerintah Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bersama warga RT06 RW08 Desa Baranangsiang, terus bersemangat membuka akses jalan Objek Wisata Cukang Rahong.

Tim Bangbara bersama rombonga Camat Cipongkor saat mengunjungi Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).
Tim Bangbara bersama rombongan Camat Cipongkor saat mengunjungi Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).

Walau belum tuntas, namun jalan sepanjang kurang lebih 700 meter yang dikerjakan secara swadaya dan gotong royong sejak Minggu (27/09/2020) lalu, kini sudah bisa dilewati dengan cukup nyaman.

Link Banner

Tim Bangbara di dampingi Camat Cipongkor Yayat Ruhyat beserta rombongan dan juga warga setempat berkesempatan mencoba mengeksplor keindahan Objek Wisata Cukang Rahong melalui jalan yang baru dibuat oleh warga tersebut, pada Sabtu (10/10/2020).

Perjalanan mengunjungi Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).
Perjalanan mengunjungi Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).

“Alhamdulillah sampai saat ini sudah selesai sepanjang 700 meter. Jika sudah ada dana lagi, semoga ke depannya bisa terus dibangun jalan sampai bawah, karena jika inin sampai selesai masih butuh sekitar 200 sak semen lagi”, ujar Yayat saat berjalan bersama Tim Bangbara.

Posisi Cukang Rahong ini berada paling atas yang bersebelahan dengan Curug Cikamuning, sekaligus dapat menjadi pintu masuk menuju Objek Wisata lainnya seperti Talaga Ngemeng, Curug Hawu, Curug Pangulaan, dan terakhir Curug Halimun.

Cukang Rahong disebut-sebut konon pada jaman kolonial Belanda adalah sebagai akses perlintasan dan perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur.

Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).
Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. 

“Kata Cukang sendiri dalam bahasa Sunda berarti Jembatan Kecil, sedangkan kata Rahong berasal dari gabungan dari kata Trah (keturunan) dan Inohong (orang bangsawan)“, terang Yayat kembali.

Cukang Rahong sendiri merupakan objek wisata berupa telaga yang dikelilingi bukit batu dan air yang mengalir didasarnya dibendung hingga membentuk kolam besar.

Baca Juga,  PC Muslimat NU KBB Resmi Dilantik, Bupati Ajak Ibu-Ibu Tinggalkan Sinetron, Lalu Gemari Mengaji

“Untuk pengisian air danau buatan tersebut, juga akan dibatasi ketinggiannya antara 2 hingga 3 meter dari dasar awal, dengan tujuannya agar tidak membahayakan pengunjung”, jelas Yayat.

Setelah berjalan menyusuri jalan setapak dengan hamaparan kebun dan pohon sepanjang perjalanan, akhirnya rombongan tiba di lokasi yang menyuguhkan pemandangan yang benar-benar menyegarkan mata.

Hamparan sungai yang dibendung, ditambah dua bukit di kiri kanan yang ditumbuhi pohon-pohon hijau, benara-benar bisa menghilangkan rasa lelah yang timbul akibat perjalanan menuju lokasi.

Tim Bangbara bersama Camat Cipongkor, Yayat Ruhyat saat mengunjungi Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).
Tim Bangbara bersama Camat Cipongkor, Yayat Ruhyat saat mengunjungi Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).

“Nantinya, kita akan siapkan perahu rakit bambu atau perahu karet agar Wisatawan dapat berkeliling diatas air dan melihat langsung pemandangan Telaga Ngemeng yang ada dibagian bawah”, ungkap Yayat.

Disebutkan juga oleh Yayat, ke depan juga pihaknya sudah menyiapkan beberapa rencana untuk memanjakan Wisatawan yang datang berkunjung.

“Kita akan jadikan Cukang Rahong ini sebagai Wisata Alam. Di sekitar lokasi ini Insya Allah nanti kita akan bangun saung atau tempat peristirahatan, lalu di sisi bukit-bukit ini akan dibuat jembatan dari besi yang bisa dilalui wisatawan jika tidak mau menaiki perahu di bawah”, jelas sang Camat sambil tersenyum.

Camat Cipongkor, Yayat Ruhyat saat menaiki rakit di Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).
Camat Cipongkor, Yayat Ruhyat saat menaiki rakit di Objek Wisata Cukang Rahong, Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, KBB. Sabtu (10/10/2020).

Yayat berharap apa yang kini sudah dilakukan oleh pihaknya dan warga dapat menjadi perhatian Pemerintah, khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB.

“Semoga apa yang sudah kita lakukan sejauh ini untuk Objek Wisata Cukang Rahong ini dapat membuat Pemerintah melalui Dinas terkait (Disparbud) mau ikut peduli. Namun jika memang tidak, maka itu tidak akan menjadi penghalang bagi kami untuk swadaya sendiri”, pungkasnya.

Baca Juga,  Selesai Dilantik, Ebbo Ketua Karang Taruna Ngamprah yang Baru Siap 'Lumpaat'

Reporter: Abdul Kholilulloh
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner

Komentar

News Feed