oleh

Wawasan Perkuliahan di Luar Negeri, Solusi Untuk Eksis Mengasah Diri

Link Banner

Kota Bandung-Bangbara.com – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Karir Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, bekerjasama dengan International Education Spesialist (IDP) dan Griffith University Australia, mengadakan Research Degree Presentation In Australia, pada Jumat (26/7/2019) di pusat auditorium Perpustakaan UIN SGD Bandung.

Ketua Pelaksana, Betty Tresnawaty mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah sebagai upaya Pusat Karir untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa serta alumni UIN SGD Bandung, mengenai informasi perkuliahan di luar Negeri.

Link Banner

Dalam kegiatannya, Betty menghadirkan dua narasumber yaitu Gilang Ramadhan sebagai perwakilan dari IDP, yang dalam presentasinya ia menyampaikan perihal persiapan mental saat kuliah di luar Negeri. Selain itu, materi cara beradaptasi dengan budaya Negara luar pun, Gilang sampaikan dengan gamblang pada peserta yang hadir saat itu.

“Akan ada pembelajaran mengenai budaya asing negara yang akan dituju. Hal tersebut kami lakukan agar calon mahasiswa luar negeri nantinya dapat beradaptasi dengan budaya asing dan agar tidak terjadi Culture Shock,” ujar Gilang di tengah-tengah presentasinya.

Sementara dari Griffith University, lanjut Betty, diwakili oleh Chris Elia Nova Juwita Limbong. Nova, sapaan akrabnya, menyampaikan materi mengenai cara pembuatan proposal riset yang sesuai dengan University atau subject yang sesuai dengan keinginan peserta.

Betty mengatakan, kegiatan yang bekerjasaa dengan Universitas Luar Negeri tersebut, merupakan kegiatan kedua kalinya yang diadakan oleh Pusat Karir, setelah sebelumnya bekerjasama dengan Universitas Belanda.

Ia juga menuturkan, kegiatan seperti itu diselenggarakannya sebagai upaya untuk mengasah softskill mahasiswa ataupun alumni, agar meningkatkan motivasi untuk dapat melanjutkan Pendidikan ke jenjang lebih tinggi di luar negeri.

“Ya semoga dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa UIN semakin aware pada hal lain yang lebih menarik dari yang kita lakukan saat ini. Banyak beasiswa untuk kuliah di luar Negeri. Itu akan menjadi pengalaman dan juga kesempatan kita untuk menambah wawasan lebih luas dan lebih banyak lagi,” pungkasnya.

Baca Juga,  Pelaksana Pembangunan Pasar Tagog Pastikan 1 Tahun Selesai, dan Tidak Merugikan Pedagang

(ITN)

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed