oleh

Wah, Si Covid Belum Pergi, Kini KBB Dilanda Flu Burung

Cihampelas, BANGBARA.COM.- Warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), diresahkan dengan ditemukannya ratusan ternak ayam yang mati mendadak.

Peristiwa tersebut dibenarkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB, Wiwin Apriyanti.

Wiwin mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat pada Selasa (1/12/2020). “Kemarin ada laporan kasus kematian ayam. Terus kita cek dan periksa ke lokasi, ternyata kematiannya itu dari hari Jumat lalu,” ujarnya, Kamis (3/12/2020).

Berdasarkan keterangan warga, lanjut Wiwin, ayam tersebut diduga tertular virus flu burung dari hewan yang berasal dari luar daerah. “Ternyata mereka baru mendatangkan ayam dari luar daerah,” katanya.

Terkait temuan ini Wiwin mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan guna memastikan penyebab kematian massal ayam tersebut. “Kita cek hari Rabu setelah di rapid test positif flu burung,” tegas dia.

Hewan jenis unggas menurut Wiwin memang rentan tertular. Meskipun dapat menjangkiti manusia namun penularan melalui sesama unggas akan lebih cepat.

“Dalam satu kandang ada seekor saja yang positif flu burung, maka bisa mati semuanya,” ujarnya.

Ciri-ciri unggas tertular flu burung, imbuh Wiwin, dapat dilihat dari jenggernya yang kebiru-biruan. “Apabila ada unggas yang mati demikian, segera dibakar dan dikuburkan,” saran dia.

Wiwin menghimbau, agar masyarakat lebih waspada dalam menjalankan peternakan. “Jangan lupa membersihkan kandang, menerapkan biosekuruti, memisahkan antara unggas yang sehat dengan yang sakit,” pungkasnya.

 

Penulis: En-En

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Baca Juga,  Angka Kesembuhan Covid-19 Masih Dibawah Rata-Rata Nasional, Sekda Sebut PPKM KBB Akan Diperpanjang

Komentar

News Feed