oleh

Unik, Hari Pertama Masuk Sekolah, Semua Guru SDN 1 Cisomang Ini Jadi Petugas Upacara

Link Banner

Cikalong, BANGBARA.COM – Libur telah usai, pemandangan kepadatan Siswa dan para orang tuanya nampak jelas di hari pertama masuk sekolah, salah satunya di SD Negeri 1 Cisomang, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Senin pagi, (15/7/19).

Aktivitas belajar mengajar pun kembali digelar, namun hari ini terasa ada yang berbeda bagi siswa baru. Mereka juga tampak didampingi oleh orang tua yang memadati halaman sekolah.

Link Banner

Pemandangan ini bisa dilihat bukan hanya di SDN 1 Cisomang, Cikalongwetan saja, melainkan di semua sekolah di Kabupaten Bandung Barat juga nampak beberapa ruas jalan terlihat padat dan macet.

Nampak sebelum pukul 06.30 Wib, ruas-ruas jalan utama di Kabupaten Bandung Barat dipadati kendaraan siswa berikut orang tuanya menuju lokasi sekolah.

Penampilan mereka pun terlihat berbeda karena seragam yang dikenakan siswa terlihat masih baru, lengkap dengan atribut lain. Seperti biasanya, di hari Senin, para Siswa pendidikan dasar diwajibkan mengenakan seragam merah putih berikut topi dan dasi.

Para guru juga tampak antusias menyambut para siswa di depan sekolah masing-masing. Satu-persatu para siswa bersalaman dengan guru baru mereka dan menuju lokasi upacara.

Meski hanya bisa mengantar sampai depan gerbang sekolah saja, para orang tua tak langsung balik ke rumah masing-masing. Mereka memilih tetap berada di lokasi dan mengamati aktivitas awal yang dijalani anak-anaknya di sekolah baru.

Sebagian besar orang tua yang mengantar anaknya ke sekolah adalah para ibu. Seperti halnya yang terlihat di halaman depan SD Negeri 1 Cisomang tersebut dipenuhi oleh ibu-ibu yang berdiri di lorong gerbang sekolah.

Mereka beranggapan keberadaan orang tua ini dianggap dapat memberi semangat belajar anak-anak mereka di hari pertama.

Baca Juga,  Pembebasan Lahan Proyek PLTA Cisokan Ternyata Masih Menuai Polemik

“Iya ini lagi nunggu, ingin lihat saja. Berjaga-jaga siapa tau ada yang diperlukan sama anak saya,” ungkap Evi Apriani (33), salah seorang ibu yang rela menunggu putrinya saat baru masuk SD Negeri 1 Cisomang, Senin (15/7/2019).

Asep Nugraha Erwin selaku pemimpin upacara membeberkan, Bahwa hari pertama masuk sekolah di SD Negeri 1 Cisomang untuk tiga hari kedepan adalah masa pengenalan lingkungan bagi siswa baru kelas 1.

Pemandangan yang berbeda pada Pelaksanaan upacara kali ini adalah  petugas upacara yang dilaksanakan para petugasnya dari siswa siswinya, Nah pada kali ini semua petugas upacaranya berasal dari kepala sekolah, Guru, dan staf yang lainnya.

“Ada penampilan yang berbeda, karena pada setiap upacara petugasnya para siswa, kali ini semua guru menjadi petugas upacaranya” papar Asep salah satu guru dengan tawa kecilnya saat menyampaikan kepada Bangbara.com. Senin, (15/7/19).

Ohan Burhanudin, S.Ag selaku Kepala Sekolah dan sekaligus Pembina Upacara kali ini menyampaikan, bahwa setiap murid memiliki keunggulan masing-masing sehingga tanggung jawab Guru lah yang harus mengembangkan kemampuan para murid itu sendiri.

Ohan Burhanudin, S.Ag Kepala Sekolah SDN 1 Cisomang, Cikalongwetan, KBB, sedang memberikan arahan saat Upacara. Senin, (15/7/19)

“Setiap anak punya keunikan, punya keistimewaan. Jangan sampai guru memiliki pandangan negatif terhadap anak. Setiap anak punya keistimewaan, semua anak-anak pintar, apakah dia bisa digali kecerdasannya, itu tergantung gurunya,” ujar Ohan Burhanudin.

Sang Kepala Sekolah ini juga berpesan kepada para senior di sekolah ini, agar selalu menjaga adik-adik kelasnya. Ia ingin para siswa belajar tanggung jawab sejak dini.

“Pesan saya kepada para kakaknya, mohon adik-adiknya dilindungi, dan diawasi. Kalau adik-adiknya ada hal yang kurang baik, mendapat ancaman, mohon berikan perlindungan kepada adik-adiknya. Kalau sejak dini sudah diajari tanggung jawab, maka akan bermanfaat di kemudian hari,” pungkasnya.

Baca Juga,  Buah Kerjasama Tim, Klub Flamingo Raih 2 Gelar dalam Turnamen Bulutangkis Bupati Cup Open

(Asp)

Editor : Mohammad Addien

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner

Komentar

News Feed