oleh

UMKM Bandung Barat jadi Studi Banding Kabupaten Sidoarjo

 

NGAMPRAH BBPOS – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Bandung Barat (KBB), mendapatkan kunjungan balik dari kabupaten Sidoarjo, setelah Dinas UMKM KBB mengunjungi Sidoarjo , kali ini KBB jadi sasaran balik Studi Banding dari Kabupaten Sidoharjo karena melihat potensi kerajinan yang dihasilkan di Kecamatan Lembang KBB, yang juga menjadi pusat perhatian bagi Kabupaten lainya di seluruh Indonesia. Senin (18/12/17).

Bandung Barat terkenal akan bidang Pariwisatanya, alam di daerah kabupaten Bandung Barat sangat menjanjikan untuk obyek Pariwisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, Waduk Saguling, Maribaya, dan beberapa tempat lainya. Berbagai produk unggulan dihasilkan pula di Kabupaten Bandung Barat, diantaranya adalah beberapa kerajinan mulai dari kerajinan dengan bahan dasar bamboo, tulang ikan, kulit buaya sampai Kuliner dengan berbagai jenis makanan yang diolah yang menghasilkan produk makanan khas begitupun beberapa fashion yang ada di KBB.

Kehadiran tamu dari Kabupaten Sidoharjo menjadi suatu kehormatan bagi KBB. Saling melakukan studi banding setelah KBB datang mengunjungi kabupaten Sidoarjo, kali ini giliran Sidoarjo melakukan kunjungan balik dan berdiskusi seputar pelaku usaha di KBB hingga tukar pengetahuan terutama di bidang teknologi. Rupanya di Sidoharjo pun memiliki kelebihan yang harus di gunakan di berbagai desa di Bandung Barat, karena Sidoharjo mempunyai keunggulan pula di bidang managemen yang menarik.

Kepala Dinas UMKM KBB Drs.H.Ade Wahidin, M.Si mengatakan, dengan adanya kolaburasi dan kerjasama ini, menjadi motivasi bagi para pengusaha UMKM. “Saya berharap kedua Kabupaten ini bisa terdapat tukar informasi, juga pemasaranya dan KBB pun sudah memiliki pemasaran di Sidoharjo” Ucap Ade.

Kelebihan dan kekurangan dalam pengelolaan kepemerintahan tidak cukup dengan merasa puas dari hasil didapat selama ini, bahkan dalam pengembanganya KBB harus bisa lebih baik.

Erna wismawati Kepala Bidang (Kabid) usaha koperasi dan mikro kabupaten Sidoharjo berharap ini bisa menjadi misi dagang bagi para UMKM, sehingga setelah mengetahui potensi Bandung Barat, maka akan terbentuk kolaburasi produk dari KBB dan Sidoarjo.

“Produk yang akan menjadi kolaburasi diantaranya adalah kulit, karena bandung barat memiliki kulit yang dilukis, sedang Sidoarjopun memiliki hasil kulit yang bagus, sehingga akan dikolaburasikan nantinya” ucap Erna.

Erna pun menambahkan bahwa ada tiga hingga Lima Produk nantinya yang akan di kolaburasikan selain kulit, juga terdapat Mamin, Handycraft dan juga mungkin yang lainya.

“kami memiliki teknis managemen untuk mendampingi UMKM dan tidak hanya hari kerja saja karena hari liburpun kami mendampingi UMKM. Di Sidoharjo tersedia juga Klinik UMKM di setiap kecamatan, sehingga ini bisa menjadi koluburasi yang baik antar kabupaten” tambah Erna. (Sir/Adn)

161total visits,1visits today

Komentar

News Feed