oleh

Tiga Program Disnakertrans KBB, Untuk Atasi Pengangguran

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Perlahan namun pasti, keinginan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB), untuk mengurangi angka tingkat pengangguran di KBB, mulai berjalan dan mengalami progres yang cukup baik.

Selain solusi pengurangan pengangguran dari program Penanaman Kacang Edamame pada kabar yang dirilis Bangbara sebelumnya, diprediksi akan mengurangi pengangguran serta memberikan penghasilan bagi petani KBB, Disnakertrans KBB juga sudah mempersiapkan jurus lain untuk solusi jumlah pengangguran ini.

Link Banner

Kepala Disnakertrans Iing Solihin berusaha keras melakukan langkah tidak hanya dari satu jurus saja, melainkan beberapa jurus yang sudah dipersiapkannya.

Menurutnya (Iing) bahwa KBB saat ini dipercaya oleh 3 Lembaga untuk menjalankan 3 Program untuk mengatasi jumlah pengangguran. Program tersebut adalah Program SDC (Skill Development Center), Program Training ADB (Asian Development Bank), dan Program Kartu Pra Kerja.

“Ketiga Program tersebut merupakanĀ  Pilot Project (pelaksanaan kegiatan percontohan yang dirancang sebagai pengujian atau trial dalam rangka untuk menunjukan keefektifan suatu pelaksanaan program, mengetahui dampak pelaksanaan program, dan keekomisanya) yang sedang dan akan dikerjakan oleh KBB. Untuk itu harus segera disiapkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik, mulai dari verifikasi data, monitoring, dan lainnya”, jelas Iing pada Redaksi Bangbara.Com di ruang kerjanya, Rabu (08/01/2020).

Menurut Iing, Program dari ADB akan dimulai bulan Maret 2020 mendatang. Lokasi untuk training akan dilakukan diĀ  BLK (Balai Latihan Kerja), SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), atau Pabrik-pabrik yang disesuaikanĀ  kebutuhan ketenagakerjaan pada masyarakat KBB.

Agar semua program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, Iing berharap dukungan dari semua pihak, karena Bupati dan Wakilnya sudah fokus terhadap program pengangguran, Pemerintah Pusat juga sudah merespon dengan baik. Pemprov juga diharapkan bisa lebih eksis terhadap pengangguran di KBB walaupun sudah mulai mengalami penurunan.

Baca Juga,  Pelaku Penipuan dan Pemerkosaan Berkedok Lowongan Kerja Diringkus Polres Cimahi

“Walau angka kelahiran terus bertambah, tapi jika tiap tahun 16 ribu orang bisa terserap menjadi tenaga kerja, maka angka pengangguran bisa menurun. Mohon doanya dari masyarakat, Pemerintah KBB saat ini sudah mendapatkan dukungan agar angka pengangguran bisa terus menurun”, ucap Iing di akhir perbincangan.

 

 

Penulis : Guntur Priyo
Editor : Mohammad Addien

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed