oleh

Tidak Punya Pemancar Radio, Disdik KBB Himbau Sekolah Bisa Kerjasama dengan Radio Komunitas

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Dadang A. Sapardan menghimbau pihak sekolah untuk bekerjasama dengan Stasiun Radio Pemancar.

Hal ini diungkapkannya saat dikonfirmasi mengenai perkembangan sistem pembelajaran Luar Jaringan (Luring) dengan menggunakan Radio Pemancar yang beberapa waktu lalu dicetuskannya.

Seperti pernah diberitakan Bangbara sebelumnya, Dadang pernah melontarkan ide jika memang sistem pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) menimbulkan permasalahan terkait kuota internet, maka tidak ada salahnya melaksanakan sistem Luar Jaringan (Luring) dengan menggunakan Radio Pemancar.

“Sejauh ini, sudah ada sekolah yang membuat pemancar sendiri yang nantinya bisa dijadikan untuk kegiatan Ekstra Kurikuler (Ekskul). Ada juga sekolah yang memanfaatkan potensi yang ada di sekitar, umpamanya bekerjasama dengan Stasiun Radio Pemancar yang ada di wilayahnya” terang Dadang saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (23/10/2020).

Beberapa sekolah menurutnya sudah melakukan kerjasama ini seperti SMP 1 Cisarua yang bekerjasama dengan Radio Satoehoe, SMP 3 Lembang dengan Komunitas Radio setempat, dan beberapa sekolah lainnya.

“Melalui kerjasama tersebut tinggal diatur saja untuk jadwal hari dan waktu pemberian materi mata pelajaran. Hal ini cukup berguna karena kan tidak semua orang tua punya kemampuan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada anaknya”, jelas Dadang.

Karena itulah Dadang juga menekankan perlu dan pentingnya komunikasi dari pihak sekolah dengan orang tua siswa terkait hal ini, agar orang tua juga dapat membantu proses belajar siswa walaupun secara tidak langsung.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Baca Juga,  Wah, Si Covid Belum Pergi, Kini KBB Dilanda Flu Burung

Komentar

News Feed