oleh

Terkait Penggunaan Bahu Jalan pada Pembangunan TPS Pasar Tagog, Dishub KBB Menunggu Persetujuan Ijin

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengajukan Izin Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait pembangunan Tempat Pasar Sementara (TPS) Pasar Tagog Padalarang.

“Secara prinsip dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 bahwa jika ada pembangunan maka harus ada Andalalin. Untuk TPS Pasar Tagog, Pemda KBB mengajukan persetujuan Andalalin”, ungkap Ade Komarudin selaku Kepala Dishub KBB, pada Rabu (12/08/2020).

Link Banner
Link Banner

Hal ini perlu dilakukan karena dalam pembangunan TPS Pasar Tagog Padalarang ini kemungkinan besar akan memakan bahu jalan seluas 1,5 meter.

Dilanjutkannya, dalam UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, lalu dalam PP Nomor 34 Tahun 2008, dan Permen PU Nomor 20 Tahun 2010 ada klausul yang menyebutkan dapat menggunakan bagian-bagian jalan, bisa melalui perizinan, dispensasi atau rekomendasi.

“Ada dua pilihan kebijakan yang kemungkinan besar diperoleh nantinya, yakni pemberian izin atau berupa dispensasi. Namun hal yang terpenting adalah legalitas formalnya ditempuh”, ujarnya.

Saat disinggung tentang kemungkinan kemacetan yang akan terjadi dengan dibangunnya TPS ini, Ade menyebutkan yang harus dilihat itu bukan persoalan sekarang, namun untuk ke depannya.

“Nantinya ini akan menjadi salah satu upaya penataan lalu lintas, menata lingkungan, dan juga menata ekonomi seluruh wilayah Padalarang yang bersinergi dengan perencanaan-perencanaan yang lainnya”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner
Link Banner
Baca Juga,  Warga Padalarang Terpapar Covid-19, Pemdes Ajak Para RW Untuk Batasi Kegiatan Keramaian Warga

Komentar

News Feed