oleh

Tanpa Bantuan Disparbud KBB, Warga Baranangsiang Terus Kerja Bakti Untuk Wisata Cukang Rahong Cipongkor

Cipongkor, BANGBARA.COM. – Warga Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kembali bergotong royong untuk pembangunan jembatan dan akses jalan di Destinasi Wisata Cukang Rahong, pada Sabtu, (09/01/2021).

Muhammad Husen selaku Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) sekaligus Ketua FMS (Forum Masyarakat Sauyunan) Cukang Rahong menyebut pembuatan jembatan dan akses jalan tersebut dilakukan warga setempat agar bisa dilalui oleh Wisatawan.

“Kegiatan yang dilakukan warga ini adalah pembuatan jembatan yang menghubungkan antara Curug Pangulaan dan Curug Hawu termasuk finishing Gazebo yang berlokasi di Curug Pangulaan”, terang Husen.

Husen menyebut, meskipun pengerjaan dan pengelolaan Cukang Rahong tanpa ada bantuan dari Pemerintah Desa (Pemdes), maupun Pemda melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, warga tetap bersemangat untuk menggali potensi wisata mandiri.

Warga beristirahat usai bergotong royong di obyek wisata Cukang Rahong, Sabtu (09/01/2021).
Warga beristirahat usai bergotong royong di obyek wisata Cukang Rahong, Sabtu (09/01/2021).

“Warga bergerak atas dasar arahan Bapak Yayat Ruhyat selaku Camat Cipongkor dan dukungan dari FMS yang berada di wilayah RW08”, ungkap Husen kembali.

Sejak menjadi viral setelah diberitakan oleh Bangbara pada tahun lalu, hingga saat ini Cukang Rahong menjadi semakin ramai, meskipun sama sekali belum tersentuh oleh pihak Pemda melalui Disparbud KBB.

“Sejauh ini Pokdarwis Cukang Rahong belum mendapat bantuan sama sekali dari Pemda atau Disparbud KBB meskipun hanya baru surat ijin Pokdarwis saja, kami tetap semangat untuk mandiri”, ujar Husen.

Dilanjutkanya, secara legalitas Obyek Wisata Cukang Rahong sudah terdaftar di Disparbud KBB, dengan harapan kedepannya mampu berkembang dan bersaing dengan wisata lain yang ada di KBB.

“Berharap segera ada bantun dari pihak-pihak tekait terutama dari Disparbud, maupun pihak swasta untuk melengkapi pembangunan akses jalan”, pungkas Husen.

Baca Juga,  Patriot Desa Cianjur Ingin Ciptakan Masyarakat Desa Berdaya

Reporter: Abdul Kholilulloh
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed