oleh

Setelah Viral Dengan Kondisi Rumah Yang Tak Layak, Akhirnya Mak Uka Mendapatkan Bantuan

Link Banner

Padalarang, BANGBARA.COM – Setelah menunggu sekitar 4 bulan, Uka Karyati atau yang akrab dipanggil Mak Uka (80 thn), yang tinggal di Kampung Rancabali, RT02 RW04 Desa Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ini, akhirnya akan mempunyai hunian yang layak.

Seperti yang pernah diberitakan oleh Bangbara.Com pada edisi Sabtu (10/08/2019) lalu, https://bangbara.com/miris-rumah-mak-uka-di-belakang-kantor-desa-padalarang-ini-nyaris-ambrol/ bahwa kondisi rumah Mak Uka sangatlah memprihatinkan, cukup jauh dari kata layak huni.

Saat itu Redaksi Bangbara megunjungi kediamannya ditemani oleh Suhendar, Ketua RW04 Desa Padalarang beberapa bulan yang lalu, tepatnya pada Senin (05/08/2019).

Mak Uka yang tinggal bersama Anak dan Cucunya tepat dibelakang kantor Desa Padalarang tersebut, harus tinggal dalam satu kamar yang dianggap aman, meskipun terdapat 2 kamar lagi dengan kondisi rusak yang sangat parah dan membahayakan.

Beberapa kamar itu terlihat membahayakan karena terlihat bagian atapnya hanya di sangga oleh sebuah kayu papan yang di rekatkan dengan paku pada bagian tembok.

Kondisi bocor yang hampir 80 persen itu mengakibatkan kayu-kayu penyangga rumah sudah mulai rapuh. Tak jarang berbagai serangga, tikus, dan hewan kotor lainnya berseliweran dalam rumah dengan bebasnya.

“Ya… Mau bagaimana lagi cep, untuk makan saja Emak dikasih Cucu atau pemberian warga yang lain, darimana uang untuk memperbaiki rumah. Emak sering sakit-sakitan, kadang saat mau bobo malah ada hujan, dan airnya masuk semua kedalam rumah hingga banjir. Terus berulang begitu, Emak cape Cep” ucap Mak Uka seraya berlinang air mata kepada Redaksi Bangbara saat itu.

Setelah beberapa bulan berlalu, akhirnya dengan bantuan dana dari Desa Padalarang sebesar 5 juta rupiah, ditambah dengan sumbangan peduli warga berupa uang maupun bahan bangunan, senilai kurang lebih Rp8 juta rupiah, kini pembangunan rumah untuk Mak Uka mulai dilakukan pada Sabtu (30/11/2019) kemarin.

Baca Juga,  Selayang Pandang LKKS Bandung Barat

Dengan modal nekad dan dana yang baru terkumpul sekitar 50% dari total biaya keseluruhan yang di butuhkan, Suhendar dan beberapa pengurus RT setempat dibantu warga sekitar mulai membangun hunian yang lebih layak untuk Mak Uka.

“Alhamdulillah, setelah adanya pemberitaan dari Bangbara waktu itu, datang sumbangan dan bantuan untuk pembangunan rumah baru bagi Mak Uka, selain itu juga Mak Uka kini sudah mendapatkan kartu KIS, PKH, maupun Jamsos lainya. Padahal sebelumnya tidak pernah ada yang mau membantu baik dari pemerintah desa maupun Pemda KBB. Terima kasih untuk Bangbara”, ujar Suhendar saat ditemui oleh Redaksi Bangbara.

Kini setelah dilakukan perombakan sekitar 80% dari kondisi yang lama, rumah baru untuk Mak Uka sudah mulai berdiri. Dari 3 kamar yang dulu ada, kini menjadi 2 kamar. Kamar mandi tetap sama, bagian atas yang dulu sangat parah kini sudah tidak ada lagi. Tinggal merapihkan kondisi bagian dalam rumah saja.

“Mak Uka merasa sangat bahagia. Setelah bertahun-tahun, akhirnya ada yang mau memperhatikan kondisi rumahnya hingga kini tidak perlu lagi takut kebanjiran”, ujar Suhendar saat ditanya Redaksi Bangbara bagaimana perasaan Mak Uka melihat pembangunan rumah barunya.

Suhendar berharap semoga ada pihak-pihak lain lagi yang terketuk hatinya dan mau ikut membantu kekurangan biaya yang dibutuhkan, agar proses pembangunan rumah baru untuk Mak Uka ini bisa rampung dan selesai 100 % hingga akhirnya Mak Uka benar-benar bisa menikmati hari tuanya dengan tenang.

(Adn/Gtr)

GALERI PEMBANGUNAN RUMAH MAK UKA

Komentar

News Feed