oleh

Seribu Lebih Jemaah Haji Bandung Barat Menunggu Kepastian

Link Banner

Padalarang, BANGBARA.COM. – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menargetkan 1.131 orang untuk dites Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Swab Test pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua ini.

“Upaya ini dilakukan untuk melihat peta persebaran kasus, sehingga pemerintah mudah dalam mengambil langkah penanganan lanjutan”, jelas Agus Ganjar selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KBB, seperti dikutip dari Gatra, Kamis (14/05/2020).

Link Banner

Menurut Agus, sasaran Swab Test tahap pertama ini diprioritaskan terhadap ODP, PDP, tenaga medis, dan kelompok rentan lain, akibat sering berhubungan dengan masyarakat.

Seperti diketahui, angka kasus Covid-19 di KBB terus bertambah. Hingga Rabu (13/05/2020), jumlah konfirmasi positif Covid-19 telah mencapai jumlah 49 kasus.

Menurut Agus, jika dilihat dari peta persebaran kasus, Kecamatan Padalarang merupakan yang paling parah dengan angka 13 orang kasus positif. Lalu di Kecamatan Parongpong 10 kasus, dan Kecamatan Ngamprah 8 kasus.

Selanjutnya di Kecamatan Lembang terdapat 6 kasus, Kecamatan Batujajar 6 kasus, Kecamatan Cisarua 2 kasus, serta Kecamatan Cipatat dan Cillin masing-masing 1 kasus.

“Namun ada kabar baik juga, bahwa dari pasien sembuh jumlahnya kini jadi 10 orang. Meraka berada di Kecamatan Lembang, Ngamprah dan Parongpong”, terang Agus kembali.

Guna memudahkan akses bagi masyarakat, lokasi Swab Test di KBB akan dibagi menjadi empat titik sentral, yaitu di RSUD Lembang, Cililin, Cikalong Wetan dan Masjid Ash-Shiddiq.

Hingga 12 Mei 2020, Swab Test baru dilakukan terhadap 83 warga. Dengan rincian, di RSUD Lembang 8 orang, RSUD cililin 21 orang, RSUD Cikalong 6 orang dan Masjid Ash Shiddiq 48 orang.

“Jika hasilnya positif mereka akan di tempatkan di ruang isolasi yang sudah disiapkan di RSUD Lembang 6 kamar, Cikalongwetan 35 kamar, Cililin 19 kamar, dan Masjid Ash-Shiddiq 27 tempat tidur”, pungkasnya.

Baca Juga,  Kabupaten Bandung Barat Belum Ikhlas Jika Disebut Zona Kuning

Agus mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada tenaga medis yang berjuang di garda depan penanganan Covid-19, dan berpesan kepada masyarakat untuk mendukung perjuangan para tenaga medis dengan tetap disiplin PSBB.

“Mari tetap di rumah, menerapkan physical distencing, dan rutin berprilaku bersih dengan rajin mencuci tangan”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed