oleh

8 Warga Cipongkor KBB Terluka Kena Serangan Anjing Liar

Cipongkor, BANGBARA.COM.- Seekor anjing liar melukai warga Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (23/11/2020).

Insiden berawal dari salah seorang warga yang hendak berniat buang hajat. Dalam perjalanan menuju MCK umum tiba-tiba seekor anjing menyerangnya hingga mengakibatkan luka robek bekas gigitan.

Setelahnya, insiden terus berlanjut hingga mengakibatkan 8 orang luka-luka satu diantarnya masih balita. Akibat peristiwa ini warga Desa Cibenda merasa resah.

Data korban gigitan anjing liar
Data korban gigitan anjing liar

Kepala Desa Cibenda, Abdul Rohman telah menugaskan Linmas dan RT/RW setempat bersama warga untuk mengadakan ronda.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktifitas di luar rumah terutama anak-anak di bawah umur untuk menghindari korban selanjutnya,” kata dia.

Sementara itu, Bidan Desa Cibenda, Dini Sartika, mengatakan baru saja mendapatkan informasi seusai dirinya melakukan rapat di Bandung, kemudian ada salah seorang warga yang mengalami luka berobat kerumahnya.

“Info awal, kebetulan sore hari saya baru pulang rapat dari bandung sekitar Pukul.17.00 ada ibu-ibu datang kerumah mau berobat, keluhannya di gigit anjing beliau,” ungkap Dini, , Selasa (24/11/2020).

Dini menambahkan bahwa sebelumnya sudah ada 4 orang korban orang dewasa ditambah 1 bocah usia 12 tahun.

“Dari pagi sudah ada 4 korban di gigit anjing mereka sudah di bawa ke dokter. Selang waktu setengah jam sekitar pukul.17.30 WIB ada lagi korban berusia 12 tahun di bawa kerumah saya, luka bagian wajahnya anak itu sangat histeris kemudian saya tanganin lukanya,” tuturnya.

Dini melanjutkan, bahwa dirinya mendapat informasi dari pihak desa dan langsung berkoordinasi dengan pihak puskesmas untuk penanganan lebih lanjut untuk segera di beri vaksin rabies.

“Korbannya ada yang luka sedang dan ringan kalo parah tidak ada. Bentuk luka seperti luka gigitan ada juga seperti cakaran. Mudah mudahan tidak ada korban lagi,” ujar Dini.

Baca Juga,  Curug Ciastana, Pesona Wisata Cianjur Selatan Yang Belum Dilirik Pemerintah

Sejauh ini penanganan sementara korban sudah di tangani oleh pihak Puskesmas Cipongkor melalui bidan desa sambil menunggu vaksin rabies yang di kirim oleh petugas kesehatan Kabupaten Bandung Barat.

Data beserta kronologis korban serangan anjing liar:

  1. Ecun (42) Kampung Petir RT 002 RW 005, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor KBB, kejadian pukul 02.00 WIB korban hendak buang hajat di MCK umum tiba-tiba di terkam dan di gigit bagian tangan.

  2. Idah (60) Kampung, Petir RT 002 RW 005 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor KBB, kejadian pukul 15.00 WIB. Korban sedang berdiri dan tiba-tiba diterjang anjing liar tersebut menggigit bagian kepalanya.

  3. AE (45) Kampung, Petir RT 002 RW 005 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor KBB. Kejadian sekitar pukul 15.00 WIB. Korban sedang duduk di depan rumah dan langsung di terkam menggigit bagian punggung.

  4. Irma (20) Kampung, Bojong Gaok RT 003 RW 005 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor KBB. Kejadian sekitar pukul 14.30 WIB korban yang waktu itu hendak mandi di jamban umum, langsung di terjang seekor anjing liar di bagian pahanya.

  5. Neng Ayu binti Irna (1,5) Kampung Bojong Gaok RT 003 RW 005 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor KBB, kejadian tersebut pukul 14.00 WIB balita yang hendak dimandikan oleh Ibunya tiba-tiba di terjang seekor anjing, beruntung sang ibu langsung mengambil dan di amankan hanya saja balita tersebut mengalami luka cakaran di bagian kaki.

  6. Odah (50) Kampung Nyalindung RT 002 RW 005 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor KBB, sekitar pukul 16.00 WIB yang hendak berangkat mengaji namun di jalan tiba-tiba di terkam oleh anjing liar dan tergigit bagian wajahnya.

  7. Sakti bin Abad (12) Kampung Nyalindung RT 002 RW 005 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor KBB. Kejadian sekitar pukul 17.00 WIB. Dia hendak buang hajat di jamban umum lalu di terkam anjing dan langsung menggigit bagian tangannya.

  8. Abdul Palah (42) Kampung Cilimus RT 001 RW 007 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor KBB. Kejadian tersebut pukul 15.00 WIB berawal ketika dirinya hendak berangkat sholat menuju mushola namun tiba-tiba di terjang di gigit bagian tangannya.

     

 

Reporter: Abdul Kholilulloh

Editor: En-En

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed