oleh

Sepi Job, Seniman Bandung Barat ini Kreatif Hibur dan Edukasi Warga Tentang Covid-19 Lewat Wayang Golek

Link Banner

Batujajar, BANGBARA.COM. – Dampak pandemi Covid-19 turut dirasakan oleh kalangan Seniman Wayang Golek di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang harus rela kehilangan beberapa kegiatan pentas seni yang sudah terjadwal sebelumnya.

Namun hal ini tidak membuat Toyo Sopandi, seorang Seniman Wayang Golek warga Kampung Blok Kaum Selatan, Desa Batujajar Barat, menjadi patah semangat dalam menyingkapi pandemi Covid-19 serta upaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Link Banner

Sambil Ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa, dirinya membuat pertunjunkan kecil secara cuma-cuma guna menghibur warga agar tidak jenuh dan mengedukasi warga tentang apa itu Covid-19, penularannya, dan pencegahannya, dengan aksi Wayang Goleknya.

Pertunjukan kecil yang dibuat di depan rumahnya, mampu membuat sekitar 20 orang anak-anak, remaja, dan orang dewasa pada lingkungan RW nya yang menyaksikan aksinya menjadi antusias. Walau hanya duduk dengan beralaskan tikar seadanya, dirinya tak lupa menjalankan protokol kesehatan, salah satunya menghimbau menjaga jarak.

Anak-anak, remaja dan warga Kampung Blok Kaum Selatan, Desa Batujajar Barat, saat menyaksikan pertunjukan Wayang Golek Toyo Sopandi.
Anak-anak, remaja dan warga Kampung Blok Kaum Selatan, Desa Batujajar Barat, saat menyaksikan pertunjukan Wayang Golek Toyo Sopandi.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua RT01 RW09 di Desa Batujajar Barat ini mengakui, sudah sebulan ini harus kehilangan beberapa job pentas seni yang sudah terjadwalkan dari jauh hari sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Untuk Bulan April ini sendiri ia mengaku ada sekitar 12 pertunjukan yang terbaksa dibatalkan oleh klien. Jika biasanya dalam sekali pertunjukkan dirinya bisa mendapat penghasilan antara Rp1-3 Juta, kini tidak ada pemasukan sama sekali.

“Sebagai seorang Seniman, dampak dari Corona terasa sekali. Panggilan gak ada, usaha dari panggung ke panggung gak ada. Makanya saya gak mau pusing memikirkan situasi ini. Saya langsung menghibur warga dulu supaya tenang, supaya enjoy semua. Sambil ngabuburit, anak-anak dan warga disini dihibur sambil nonton wayang”, terangnya saat ditemui Bangbara di sela-sela aksinya pada Selasa (12/05/2020).

Baca Juga,  DK PWI Pusat Tindak Tegas Wartawan yang Tidak Netral dalam Pilkada 2020

Dirinya berharap melalui pertunjukkannya ini dapat menghibur sekaligus memberikan wawasan atau pemahaman kepada seluruh masyarakat terutama yang berada di wilayahnya tentang bahaya dan pencegahan Covid-19.

“Seneng banget tadi sudah nonton wayang golek, ngebahas tentang korona gitu. Pencegahannya dikasih tahu harus kaya gimana. Yang tadinya gak tahu sekarang saya jadi tahu. Sambil ngabuburit juga, jadi waktu gak kerasa gitu, gak kerasa lapar”, Ujar Anisah salah satu warga yang juga penonton dengan antusias.

Sementara itu Erfan Hariawan selaku Kepala Desa Batujajar Barat yang juga ditemui menjelaskan bahwa dari Pemerintahan Desa sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Toyo ini.

“Mungkin kedepannya ini harus kita kembangkan Seni dan Budaya yang ada di wilayah Desa kita. Kebetulan beliau (Toyo) di bidang wayang golek. Nanti kedepannya akan menjadi prioritas utama yang akan kita kembangkan. Mudah-mudahan kita bisa mengangkat budaya Seni Sunda, khususnya Wayang Golek”, pungkasnya.

Reporter: Deden Setiawan
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner

Komentar

News Feed