oleh

Sejak Ditemukan Guha Tokek, Kini CIC Ramai Dikunjungi Para Wisatawan

Parongpong, BANGBARA.COM – Goa Tokek, mungkin bagi semua orang ketika mendengar nama goa toke. Berpikir, didalam goa itu terdapat banyak toke. Siapa sangka, goa itu ternyata banyak meninggalkan cerita unik didalamnya.

Goa Toke tersebut terdapat di kawasan wisata Ciwangun Indah Camp (CIC) Kabupaten Bandung Barat. Menurut Pemilik CIC Kosasih, dulu, pernah ramai diperbincangkan masyakat. Tentang jual beli tokek yang dapat dijadikan sebagai obat.

“Lagi trend tokek dapat dijadikan obat. Dulu, ada seorang pemburu tokek mendapatkan tokek berukuran lebih dari setengah meter di gua yang berlokasi di hamparan hutan pinus,” ucap Kokasih saat ditemui di kawasan wisata CIC, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Minggu (10/2/2019).

Setelah kejadian itu, banyak pemburu tokek yang berbondong-bondong mendatangi gua tersebut. Hingga pada akhirnya keberadaan tokek di sana menjadi langka. Kondisi tersebut seiring waktu berjalan, gua itupun menjadi terbengkalai hingga tertutupi oleh ranting dan dedaunan.

“Setelah kejadian itu keberadaan tokek jadi semakin langka,” ujar Kokasih.

Melihat kondisi tersebut, Kokasih bersama para pegawainya berinisiatif menjadikan gua toke itu menjadi salah satu ikon wisata CIC. Kini, goa tokek itu dijadikan sebagai wisata alam yang dinamai bumi perkemahan goa tokek.

“Karna unik, kita berikan nama kawasan itu menjadi bumi perkemahan goa tokek. Di hamparan luas kurang lebih 22 hektar, kawasan bumi perkemahan ini dapat dipakai untuk acara camping dengan kapasitas kurang lebih 10.000 camp,” tutur Kokasih.

Tak hanya itu, Kokasih juga mengembangkan berbagai infrastruktur seperti pembukaan lahan baru untuk kebutuhan perluasan kawasan wisata, pembangunan akses jalan yang menghubungkan kawasan wisata alam dengan Jalan Raya Kolonel Masturi serta menyediakan berbagai fasilitas wisata, seperti flying fox, shaking bridge, perkemahan, pengembangan tiga curug.

Disamping itupun, CIC yang berlokasi di kawasan iklim sejuk , kawasan wisata ini memiliki fotografi wilayah yang berliku-liku serta mengasyikan. Ini menjadi tantangan yang menarik bagi para pengunjung, terutama bagi kaum milenial. Karena itu, hingga saat ini CIC masih merupakan pusat kegiatan out bond di daerah Bandung dan sekitarnya. (Adn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed