oleh

Sebuah Desa Diatas Awan, Ternyata Ada di Cianjur

Link Banner

Cianjur, BANGBARA.COM. – Sebuah keindahan alam nampak di depan mata saat tim Redaksi Bangbara mengunjungi sebuah Desa yang terpencil, yaitu Desa Sukamulya Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur.

Sebuah Desa yang jauh dari kebisingan kota ini, merekam suasana alam dari siulan burung-burung yang benyanyi. Udara yang berhembus disela-sela pohon bambu, semua menggambarkan nuansa seperti pada jaman masa lalu.

Link Banner
Link Banner

Menyusuri setapak demi setapak disela-sela jalan tanah yang sebagian penuh dengan becekan tanah dari hujan, kami ikuti ujung pangkalnya. Nampak keindahan yang tidak terkira dan tidak pernah ditemukan, saat kami berdiri di ujung Desa itu, ternyata kami seperti berada diatas awan.

Gumpalan asap berupa awan, nampak sangat indah berada disekitar kaki kami berpijak. Ini keindahan dari kekuasaan Allah, tidak pernah kami temukan pemandangan seindah ini.

Sejauh mata memandang kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat eksotis. Diantaranya terdapat bukit kokoncong yang hampir sama denga Tebing Kraton Dago, ada pasir ipis dan masih banyak lagi, udara segar dan asri membuat siapapun yang singgah di Desa ini pasti tidak ingin pulang lagi.

Desa Sukamulya ini merupakan salah satu desa yang berada di perbatasan antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Walaupun data berada di Kabupaten Cianjur, akan tetapi akses perekonomian lebih dekat ke Kabupaten Bandung yaitu ke daerah Ciwidey.

Masyarakat Desa Sukamulya ini banyak membeli kebutuhan pokok sebagian besar ke Ciwidey, bahkan hasil pertanian pun mereka jual ke Ciwidey. Memang akses menuju desa masih terkendala dengan transportasi jalan yang belum memadai dan juga rawan dengan longsor.

Siapapun yang berkunjung ke Desa Sukamulya ini pasti akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Dengan penampilan kekayaan alam dari hasil pertanian, dan hasil bumi yang melimpah.

Baca Juga,  Giliran Bagian KBB Selatan, Hengki Bagikan 20 Ribu Perdana dan Susu Nutrisi Untuk Ibu Hamil Secara Gratis

Mata pencaharian masyarakat Desa Sukamulya yang desanya nampak seperti diatas awan ini, sebagian besar adalah petani. Dari petani kopi, gula aren, sereh wangi, cabai keriting, petani padi, serta lainya.

Sebuah Desa dengan kekayaan alam Indonesia yang kaya akan Sumber daya Alam yang mesti harus dijaga kearifan lokalnya ini, membuat kami tim Bangbara baru menyadari bahwa kami sedang berada disebuah Desa yang ternyata seperti diatas awan. Penasaran? Hayu kunjungi Desanya, buktikan sendiri ya.

Rilis : Asep Nugraha
Penulis : Mohammad Addien

 

Gallery : 

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed