oleh

SDN 1 Cisomang KBB Tak Kalah Heboh, Gelar Berbagai Lomba Rayakan HUT-RI Ke 74

Link Banner

Cikalongwetan, BANGBARA – Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-74 itu tak hanya di lingkungan Istana atau lingkungan masyarakat saja, namun juga di sejumlah sekolah juga ikut merayakanya, seperti halnya di SDN 1 Cisomang Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang juga menggelar berbagai lomba.

Nampak beberapa Sekolah yang terletak di Desa Wangunjaya kecamatan Cikalongwetan, hampir semua siswanya antusias merayakan kemerdekaan Indonesia. Mulai dari lomba balap karung, lomba melepaskan karet gelang di muka, lomba joget dengan balon, hingga lomba memindahkan terigu dan lain sebagainya.

Link Banner

“Memang antusias 17 Agustusan di sini cukup bagus, luar biasa, saya lihat anak-anak haus akan hiburan,” kata Kepala Sekolah SDN 1 Cisomang Ohan Burhanudin saat ditemui di ruangannya, Selasa, (20/8).

Menurut Ohan, perayaan yang dilaksanakan disekolahnya ini, berlangsung selama 1 hari dan dimulai dengan do’a bersama untuk mengenang arwah pahlawan, kemudian dilaksanakan dengan acara lomba-lomba yang di iringi lagu-lagu kemerdekaan.

“Selain dari konsep hiburannya, kita juga mengedepankan konsep nasionalisme yang berkaitan dengan nilai-nilai kepahlawanan, nilai sejarah, juga memadukan dengan nilai kebudayaan yang ada di lingkungan sini,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Robiyah salah satu guru SDN 1 Cisomang, menurutnya tak hanya anak-anak didik saja, karena orang tua siswa juga terlibat dalam kemeriahan peringatan HUT RI ke-74.

“Anak-anak antusias banget, heboh meriah, sampai orang tua murid pun terlibat, buktinya dengan adanya lomba mereka mau terlibat semuanya,” paparnya.

Dengan semangat tersebut, Robiyah berharap pada 17 Agustus berikutnya, anak muridnya mampu meneladani para pejuang kemerdekaan.

Panitia Pelaksana sekaligus Guru di SDN 1 Cisomang Asep Nugraha Erwin menyebutkan, kegiatan perlombaan ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan semangat per-juangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan.

Baca Juga,  Gema Pasundan Apresiasi Presiden dan Polri Dalam Kasus Penangkapan Djoko Tjandra

Melalui lomba-lomba tersebut diharapkan siswa mengerti makna perjuangan setidaknya berjuang untuk meraih prestasi pada perlombaan-perlombaan yang ada.

“Siswa perlu dibentuk mentalnya untuk merasakan kesatuan dan ke Bhinekaan dalam berbangsa serta bernegara. Kecintaan pada negara atau nasionalisme perlu ditanamkan dalam diri setiap siswa, apalagi di masa sekarang ini,” tambahnya.

Momen kemerdekaan memang selalu ditunggu-tunggu. Suasana kompetisi antar sekolah selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap perayaan HUT RI. Dari masa ke masa, lomba tujuh ¬belasan selalu menyemaraknya suasana sekolah.

(Asp)

Editor : Mohammad Addien

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed