oleh

Satu Rumah Ludes Dilalap Api di Cisarua, Diduga dari Tungku Saat Memasak

Link Banner
Link Banner

Cisarua, BANGBARA.COM. – Sebuah rumah di RT01 RW02 Desa Pasirlangu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), ludes terbakar sekitar pukul 09.00 WIB pada Senin, (18/01/2021).

Rumah yang terbakar tersebut diketahui milik Mak Ami (55), yang juga merupakan Ibu dari Rahmat (32) dan Ika (28) yang merupakan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Merah Putih (LMP) KBB ini terjadi saat seluruh penghuni beraktifitas di luar rumah.

Link Banner

Informasi mengenai kebakaran tersebut pertama kali diterima melalui layanan pesan singkat WhatsApp oleh pengurus LMP yang langsung menurunkan anggotanya menuju lokasi untuk memonitor dan melakukan evakuasi.

Sulitnya akses jalan menuju lokasi, menyulitkan pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) KBB untuk melakukan pemadaman api, hingga akhirnya anggota LMP yang berada di lokasi bersama warga untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya selama beberapa jam.

“Asal mula api diduga dari tungku yang mungkin lupa dimatikan oleh pemilik rumah sebelum keluar. Bara api yang terus menyala tampaknya merambat pada kayu yang berada di samping tungku hingga akhirnya merambat ke dinding yang terbuat dari bilik bambu”, ujar Pice Rivai, Ketua LMP KBB kepada Bangbara.

Pria yang akrab disapa Blek ini langsung memerintahkan sang Ketua LMP Kecamatan Cisarua Dani Astrapane, agar menurunkan anggotanya untuk membantu dan mengevaluasi korban.

Blek pun menyebut atas kejadian ini tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun seluruh barang dan harta benda termasuk rumah tidak ada sedikitpun yang bisa diselamatkan.

“Beruntung berkat kesigapan seluruh unsur Muspika Cisarua, Babinsa, dan Babinkamtibmas Desa Pasirlangu, yang sangat responsive menuju lokasi bersama juga anggota kami dan warga, api bisa dipadamkan walau cukup lama”, terang Blek kembali.

Baca Juga,  DLH KBB Terus Bina dan Pantau Terkait Pencemaran Limbah dari Perusahaan

Dilanjutkannya, saat ini keluarga korban sudah diungsikan untuk sementara ke rumah keluarga terdekatnya. Namun disebutkannya bahwa keluarga korban sangat membutuhkan bantuan karena tak ada yang tersisa akibat kebakaran tersebut.

Dirinya menyebut bantuan dapat berupa apapun baik materi, atau non materi, terutama ditargetkan agar bisa secepatnya kembali membangun rumah untuk keluarga korban.

Atas nama keluarga besar LMP KBB, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Pemdes Pasirlangu dan Kecamatan Cisarua, untuk segera  memberikan penanganan terhadap keluarga korban.

“Semoga ada Pejabat, Donatur, atau Pihak-pihak yang mau ikut mengulurkan tangan dan bantuan untuk keluarga korban karena seluruh harta bendanya ludes tanpa tersisa”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed