oleh

Salah Satu Keluarga Yang Terinfeksi Corona di KBB Berangsur Pulih

Link Banner

Batujajar, BANGBARA.COM. – Kondisi satu keluarga asal Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin yang terpapar COVID-19 dilaporkan berangsur pulih dan membaik.

“Pasien positif COVID-19 lanjut usia atau seorang nenek dari keluarga itu yang sebelumnya dilaporkan mengalami penyakit cukup berat, kabarnya sudah perlahan membaik. Anak-anaknya juga sudah happy”, ujar Hernawan selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB seperti dikutip dari IDN Times, Minggu (05/04/2020).

Link Banner

Awal mula keluarga ini bisa terpapar setelah satu pasien laki-laki berusia 40 tahun dinyatakan positif COVID-19 terpapar dari klaster Lembang. Dimana yang bersangkutan saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Tak lama, ibu dari pasien tersebut yang sudah berusia lanjut pun dinyatakan positif dari hasil rapid tes. Begitu pula istri dan satu anaknya yang masih berusia balita juga dinyatakan positif dari hasil rapid tes.

Dikarenakan ruangan di RSHS sudah penuh, Dinkes KBB memindahkan keluarga yang terpapar corona itu menuju RSUD Cililin.

“Satu keluarga di ruang isolasi RSUD Cililin ada lima orang. Yang positif dari hasil rapid test ada tiga yaitu neneknya, istrinya, dan anaknya yang masih 4 tahun. Dua anaknya lagi berusia 7 dan 12 tahun berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), tapi ikut tinggal di RSUD karena di rumah enggak ada siapa-siapa,” papar Hernawan kembali.

Hernawan menyebutkan, dua anak yang negatif itu memang tidak ada yang mau merawat. Dari hasil penelusuran, warga sekitar atau saudaranya mengaku khawatir ikut terpapar COVID-19.

“Wajar masyarakat takut merawat keluarga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) apalagi yang positif, tapi tidak sampai menelantarkan juga seharusnya. Mungkin akibat tidak masifnya edukasi dan sosialisasi yang sampai ke masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga,  Setelah Viral, Desa di Atas Awan di Cianjur Ini Jadi Buruan Wisatawan

Saat ini, Dinkes KBB masih menunggu hasil tes swab dari keluarga tersebut. Tes swab atau tes menggunakan metode molekuler alias Polymerase Chain Reaction (PCR) ini dilakukan untuk memastikan ulang pasien benar masih terpapar COVID-19 atau tidak.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed