oleh

‘Saatnya Waspada’ Tiga Warga KBB, Terserang Difteri 

 

PADALARANG, BBPOS – Penyakit Difteri menjadi misteri yang meresahkan di masyarakat, khususnya di Kabupaten Bandung Barat (KBB), tiga warga KBB telah terserang penyakit Difteri, yaitu dari Kecamatan Cipatat, Cipongkor, dan Rongga.

Penyakit ini bisa menular dari virus melalui udara, sehingga ada potensi ketika muncul penderita orang di sekelilingnya bisa saja tertular, dari batuk, bersin, air liur, ataupun media lainya.

KBB sudah memasuki kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) dalam menghadapi serangan penyakit Difteri ini.

Dalam dua bulan terakhir sudah Tiga orang yang positif terserang penyakit Difteri ini Mereka diantaranya, Yayan Suryani (31), warga Kampung Kertamukti RT 04/19, Desa Kertamukti, Kecamatan Cipatat, Pardi (12), warga Kampung Santer, RT 04/06, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor, Wahyu (51), warga Kampung Bojong Jengkol, RT 04/04 Desa Bojong, Kecamatan Rongga, dan Ketiganya saat ini sedang menjalani perawatan intensif di RSHS Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Pupu Sari Rohayati mengatakan, Dengan adanya temuan kasus ini maka KBB masuk kepada kategori KLB (kejadian luar biasa) Difteri. “Jika ada temuan kasus lebih dari satu maka itu sudah masuk kepada KLB,” Jelas Pupu kepada Wartawan.

Pupu menambahkan, bahwa dirinya sudah melakukan proses penyembuhan kepada ketiga orang itu dengan prosedur yang benar, Mulai dari rujukan ke puskesmas dan rumah sakit terdekat hingga melaporkan ke Posko KLB Kemenkes RI.

“Pasien sudah diberikan antibiotik juga tindakan pasteotomy dan untuk pihak keluarga dan lingkunganyapun diberikan penyuluhan” tambahnya.

Kepala Seksi (Kasi) Survilen dan Imunisasi Dinkes KBB, Muhamad Jauhari menambahkan, penanganan dari pencegahan agar Difteri ini tidak meluas adalah dengan cara rutin Imunisasi, “kebanyakan masyarakat banyak yang menolak dari imunisasi itu memang Imunisasi ini belum tentu kebal dari Difteri namun sangat bisa mengurangi persentase dari penyebaran itu” tambahnya.Rabu (20/12/17). (Adn)

59total visits,1visits today

Komentar

News Feed