oleh

Rencana Pilkades PAW di Cipongkor Tertunda Akibat Covid-19, Begini Kata DPMD KBB

Link Banner

Cipongkor, BANGBARA.COM. – Terkait rencana dilakukannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Mekarsari, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Pengganti Antar Waktu (PAW), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB memberikan kesimpulan untuk tidak dilakukan dalam kondisi darurat Covid-19 ini.

Pilkades PAW sendiri akan dilaksanakan karena Kepala Desa Mekarsari sebelumnya telah meninggal dunia, dan juga karena ada beberapa masyarakat Desa Mekarsari yang meminta agar penyelenggaraan Pilkades PAW dipercepat pelaksanaannya.

Link Banner

Akhirnya pihak Kecamatan Cipongkor membentuk Panitia Pilkades PAW dan mengajukan surat kepada DPMD KBB untuk meminta petunjuk terkait pelaksanaan Pilkades PAW di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Kepala DMPD KBB Wandiana yang dihubungi Bangbara menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa memberikan izin dan rekomendasi terkait rencana pelaksanaan Pilkades PAW Desa Mekarsari ini.

“Kami (DPMD) sudah jelas melarang, karena ada beberapa pertimbangan seperti Surat Edaran, Peraturan, dan maklumat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia terkait kegiatan yang melibatkan orang banyak dalam situasi pandemi Covid-19 ini”, jelas Wandiana, Kamis (16/04/2020).

Beberapa hal yang menjadi dasar penundaan Pilkades ini, DMPD mengikuti keputusan terkait Peraturan Bupati Bandung Barat Nomor 17 tahun 2019, SE Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 8 tahun 2020, SE Bupati Bandung Barat tentang Perpanjangan Pelaksanaan Sistem Kerja ASN, serta surat Kepala DPMD Nomor 141.1/428/PPKAD tanggal 27 Maret 2020.

DMPMD KBB menilai bahwa Pilkades PAW yang dilakukan melalui Musyawarah Desa akan melibatkan banyak orang, sedangkan salah satu tugas Pemerintah Desa dalam melaksanakan kegiatan Desa Tanggap Covid-19 adalah memastikan tidak ada kegiatan warga untuk berkumpul.

Keputusan yang diambil DPMD KBB juga mengikuti Maklumat Kepala Kepolisian RI pada nomor: Mak/2/III/2020, bahwa isi dari maklumat tersebut diberlakukan di seluruh Indonesia dengan tidak mengadakan kegiatan yang sifatnya mendatangkan massa.

Baca Juga,  Tanpa Bantuan Pemda, Wisata Stone Garden Segera Manjakan Pengunjung Dengan Kampung Hijau
Maklumat Kepolisian RI
Maklumat Kepolisian RI terkait Pandemi Covid-19

Ditambahkannya, untuk menjamin keselamatan warga desa, Pilkades dapat dikesampingkan lebih dulu dan dilaksanakan setelah mendapat petunjuk lebih lanjut terkait wabah Covid-19.

“Kesimpulannya, kami (DPMD) meminta Camat beserta unsur Muspika melakukan rapat dengan pihak berkepentingan dan mempertimbangkan berbagi ketentuan terkait Pelaksanaan Pilkades PAW dan ketentuan mengenai epidemi Covid-19 yang di keluarkan Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten, serta Kepolisian”, pungkas Wandiana.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Camat Cipongkor dan Ketua Pelaksana Pilkades, masih belum dapat dihubungi untuk dimintai tanggapan dan konfirmasinya.

 

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed