oleh

Rayakan HUT Pramuka Ke 58, Ratusan Siswa Cikalongwetan Ikut Kemah

Cikalongwetan, BANGBARA.COM – Ratusan siswa-siswi SD, SLTP,  SMA, yang berada di Kwaran Cikalongwetan mengikuti perkemahan pramuka yang digelar di Bumi Perkemahan Wana Nugraha Desa Cikalong Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin hingga Rabu, (12-14/8/2019).

“Kegiatan ini menjelang HUT Pramuka ke-58. Lalu, acara ini sebagai evaluasi kegiatan Pramuka di Kecamatan Cikalongwetan terutama penggalang yang di ada di pangkalan SD dan SLTP/sederajat,” ujar Ketua Kwaran Kecamatan Cikalongwetan Iin Solihin, S.Ag, saat berbincang dengan BangBara, Senin, (12/8/2019).

Link Banner

Kepala Sekolah SDN I Cisomang Ohan Burhanudin, S.Ag yang selaku Ketua Pelaksana Kegiatan ini menambahkan kegiatan ini tidak hanya perkemahan saja, tetapi sekaligus pelantikan Pengurus Kwaran kecamatan Cikalongwetan masa Bakti 2019-2022.

Foto bersama saat kemah

“Kegiatan ini juga sebagai bahan evaluasi sampai dimana gugus depan menyampaikan materi kepramukaan karena materi kepramukaan ini termasuk bagian dari kurikulum 13, khususnya dalam membentuk watak anak cinta tanah air, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan pengetahuan umum,” terangnya.

Soal Cinta tanah air dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, hal ini diimplementasikan Ohan Burhanudin lewat upacara dan Kegiatan PBB, shalat bersama, baca tulis Alquran dan menulis, sekaligus membaca puisi.

Ohan berharap, para pelajar bisa hidup mandiri setelah mengikuti kegiatan perkemahan tersebut. Tak hanya itu, semua pengetahuan dan pengalaman yang didapat selama berkemah bisa bermanfaat buat mereka dan lingkungan sekitar.

Asep Nugraha Erwin, S.Pd salah satu Kakak Pembina pramuka dari Pangkalan/ Gugus Depan SDN 1 Cisomang Menambahkan Kegiatan Perkemahan Pramuka ini akan membuat anak semakin mandiri dan dewasa.

“Dengan kegiatan ini, otomatis mulai masak dan mencuci, mereka sendiri yang melakukan. Termasuk juga belajar untuk bisa mengatur waktu, misalnya dibuat piket secara bergiliran,” tegasnya.

Baca Juga,  Ini Dia Para Calon Sekda KBB, Diharapkan Singkron Dengan Pasangan Bupati Terpilih
Kakak pembina Asep Nugraha dan Herul Mulyana sedang memberi arahan. Senin, (12/8/2019). Foto/Istimewa

Asep juga membawa beberapa anak didiknya untuk mengikuti kegiatan ini. Pada kegiatan perkemahan ini SDN 1 Cisomang mengirimkan utusannya yaitu 2 regu penggalang Putra dan 2 regu penggalang putri. Masing-masing perwakilan siswa siswi dari kelas 5 s/d kelas 6 sd yang sebelumnya diseleksi terlebih dahulu.

“Dari sisi ekonomi, mereka juga diharapkan bisa mengaturnya, misalnya, mengatur beras yang dibawa dari rumah. Mereka harus mengatur dan mengelolanya supaya cukup sampai acara ini selesai,” pungkasnya.

Ia menyebutkan, tujuan Gema Pramuka untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan dan kode kehormatan pramuka yaitu, Tri Satya dan Dasa Dharma Khususnya di SDN 1 Cisomang dan umumnya di Kwaran Kecamatan Cikalongwetan.

(Asp)

Editor : Mohammad Addien

Link Banner

Komentar

News Feed