oleh

Plt Camat Cipongkor Kunjungi Rumah Kakek Ajid Yang 15 Tahun Sakit Tak Mau Dibawa ke RS

Link Banner

Cipongkor, BANGBARA.COM. – Seorang Kakek bernama Ajid (70) warga Kampung Cisatong RT03 RW02, Dusun I Desa Karangsari, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diketahui hanya bisa terbaring tak berdaya sekitar 15 tahun yang dikabarkan menderita penyakit Stroke.

Kondisi ini mengundang keprihatinan warga sekitar dan warga net, karena dengan keadaan Kakek Ajid yang sudah tidak lagi memiliki penghasilan yang pasti, meskipun kondisi ini pihaknya sudah mendapatkan bantuan PKH, maupun KIS.

Link Banner

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cipongkor Yayat Ruhyat, didampingi Petugas dari Puskesmas Cipongkor mencoba berkunjung ke rumah Kakek Ajid dan sudah menawarkan untuk membawa yang bersangkutan ke Rumah Sakit (RS), namun ditolak oleh pihak keluarga.

Plt Camat ini melanjutkan ceritanya, keprihatinan dirinya terhadap keluarga Kakek Ajid ini terbentuk saat melihat ponstingan dari anaknya Kakek Ajid di media sosial, dengan langsung mendatangi rumahnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cipongkor Yayat Ruhyat, saat memberikan bantuan paket sembako, Selasa (02/06/2020).
Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cipongkor Yayat Ruhyat, saat memberikan bantuan paket sembako, Selasa (02/06/2020).

“Tadi pagi saat saya mengantarkan paket sembako titipan Bupati Aa Umbara Sutisna, saya didampingi petugas Puskesmas sudah berusaha menawarkan untuk membawa Kakek Adid ke RS untuk menjalani perawatan, namun keluarganya menolak dan mengatakan akan dirawat di rumah saja”, ujar Yayat saat dihubungi, Selasa (02/06/2020).

Saat kehadirannya, Yayat bersama rombongan dari Puskesmas sudah mempersiapkan Ambulance berikut Alat Pelindung Diri (APD) untuk membawa Kakek Ajid menuju Rumah Sakit, namun tetap saja pihak keluarga menolaknya.

Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cipongkor Yayat Ruhyat, bersama Petugas Puskesmas saat mengunjungi Kakek Ajid, Selasa (02/06/2020).
Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cipongkor Yayat Ruhyat, bersama Petugas Puskesmas saat mengunjungi Kakek Ajid, Selasa (02/06/2020).

Walaupun sudah dibujuk namun pihak keluarga melalui Oneng (istri) beserta kedua anaknya Eli Nurhayati dan Acep Nurjaman, tetap menolak dengan alasan beberapa pertimbangan pribadi bahkan hingga membuat surat pernyataan diatas materai.

Baca Juga,  Kabupaten Bandung Barat Belum Ikhlas Jika Disebut Zona Kuning

“Kami pun tidak ingin disalahkan jika suatu saat kami dianggap tidak memperhatikan, sehingga kami sepakat agar pihak keluarga membuat pernyataan yang di tanda tangani oleh pihak keluarga diatas materai”, terangnya Yayat kembali.

Dalam surat pernyataan dituliskan bahwa pihak keluarga mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak-pihak yang ingin mengobati dan membawa Kakek Ajid ke Rs, namun dengan berbagai pertimbangan keluarga memutuskan tidak mengizinkan Kakek Ajid dibawa ke RS dan memilih dirawat di rumah saja.

Surat Pernyataan yang dibuat oleh keluarga Kakek Ajid.
Surat Pernyataan yang dibuat oleh keluarga Kakek Ajid.

Sambil menunjukan bukti pernyataan tersebut kepada Bangbara, Yayat terus menceritakan kondisi keluarga Kakek Ajid yang terdapat warung kecil di lokasi rumahnya untuk kebutuhan hidup keluarga.

Berikut dengan 4 orang anak dan seorang istri, Kakek Ajid nampak terbaring dengan kondisi lumpuh pada bagian kaki. Dan karena terlalu lama terbaring, sehingga terjadi luka juga pada bagian punggung sang Kakek.

Pihak Kecamatan memberikan solusi dengan menugaskan Kepala Puskesmas Cipongkor untuk rutin memeriksa Kakek Ajid tiap Minggu ke rumahnya melalui Bidan Desa.

“Selain bantuan dari Pak Bupati ini, kami juga sepakat untuk mengontrol kesehatan Kakek Ajid ini seminggu sekali dengan memberikan obat terus. Saya yakin Kakek bisa sembuh, karena saat dilakukan tes kesehatannya tidak terdapat darah tinggi” katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Puskesmas, ternyata Kakek Ajid menderita Stroke bukan karena darah tinggi, melainkan akibat Reumatik dan Asam Urat yang berkepanjangan.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed