oleh

Petani Menanti Sosok Kadis Untuk Pertanian di KBB, Ini Kata Para Tokohnya

Link Banner

Padalarang, BANGBARA.COM. – Para Petani di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tengah menantikan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan yang kompeten di bidangnya yang dapat memahami kebutuhan dan keluhan petani, sehingga memberikan kebijakan-kebijakan yang dapat memajukan pertanian di Bandung Barat.

Hal ini di ungkapkan H. Syahid Albarkah, salah seorang tokoh petani yang juga Ketua Kelompok Tani Al Barokah, Cisarua KBB, yang dihubungi pada Minggu (05/07/2020).

Link Banner

“Salah satu Misi dari Akur adalah menguatkan keunggulan pertanian, peternakan, dan industri yang merata melalui optimalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi, oleh karena itu para petani menginginkan Kadis yang kompeten di bidangnya”, ujar Syahid.

Lahan Pertanian di Kabupaten Bandung Barat.
Lahan Pertanian di Kabupaten Bandung Barat.

Menurutnya, sangat penting seorang Kadis Pertanian memiliki pengalaman dilapangan, mengetahui masalah pertanian, karena kadang banyak keluhan dari para petani hingga dibutuhkan sosok yang tahu kebutuhan dan keluhan petani.

“Saya berharap untuk Pak Bupati memilih Kadis Pertanian yang dari bidangnya. Bukan orang pertanian pun pasti bisa menjalankan, cuma yang menguasai bidangnya akan lebih baik”, tutur Syahid lebih lanjut.

Hal senada diungkapkan oleh Ulus Pirmawan Suntenjaya, Petani Teladan Asia Pasifik dari KBB yang menyebutkan demi kemajuan pertanian, Pemerintah KBB harus menempatkan orang yang sesuai bidangnya.

Ulus Pirmawan Suntenjaya (tengah), Petani Teladan Asia Pasifik dari KBB.
Ulus Pirmawan Suntenjaya (tengah), Petani Teladan Asia Pasifik dari KBB.

“Meskipun Kadis tidak harus mengerjakan pekerjaan teknis, namun setidaknya memahami kebutuhan petani. Mulai dari program tanam, alat budidaya, atau sekaligus paham pemasaran sehingga mudah dalam mengambil kebijakan”, paparnya.

Sebagai pelaku usaha pertanian, Ulus berharap Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan yang saat ini masih dijabat oleh seorang Pelaksana Tugas (Plt), nantinya memiliki rekam jejak yang baik dalam memajukan pertanian dan kompeten dalam bidang ketahanan pangan.

Baca Juga,  Pelaksana Pembangunan Pasar Tagog┬áPastikan 1 Tahun Selesai, dan Tidak Merugikan Pedagang

Menilik kandidat calon Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan saat ini, Ulus melihat semua kandidat adalah orang orang terbaik, namun ada salah seorang yang memiliki rekam jejak yang menguasai pertanian.

“Dari tiga orang calon yang ada saat ini, ada yang kompeten. Ada yang dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) kemudian naik jadi Kepala Bidang (Kabid). Berarti dia menguasai karena sudah bertahun-tahun bergelut di bidang Pertanian”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed