oleh

Perhutani Bandung Utara Angkat Jempol Diresmikannya ‘Kampung Kurang Sampah’

Link Banner

Cisarua, BANGBARA.COM. – Diresmikannya Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Selasa (14/07/2020) disambut baik oleh Komarudin selaku Adm Perum Perhutani Bandung Utara.

“Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi ini membuktikan bahwa masyarakat sudah memiliki kesadaran menjaga lingkungan hidup khususnya kawasan hutan”, ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara peresmian yang juga dihadiri oleh Bupati Aa Umbara Sutisna dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB Apung Hadiat Purwoko.

Link Banner

Menurut Komarudin, Perum Perhutani Bandung Utara mengelola sekitar 20.560 hektar kawasan hutan dimana 10.000 hektar berada di wilayah KBB, yang mana di Desa Kertawangi sendiri memiliki Hutan Pangkuan Desa seluas kurang lebih 500 hektar.

“Alhamdulillah, Pemerintah Desa dan masyarakat Kertawangi memiliki kepedulian yang besar terhadap lingkungan dan hutan, ini terbukti dari 500 hektar hutan yang ada kondisinya bagus dengan tutupan lahan mencapai 90%”, terangnya.

Bagi Komarudin, hal ini secara langsung dan tidak langsung ikut membantu Perum Perhutani dalam menjaga lingkungan hidup, dan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat Desa Kertawangi dan sekitarnya.

“Karena di Desa Kertawangi memiliki 17 mata air yang menghidupi masyarakat Kertawangi dan sekitarnya seperti Cimahi dan wilayah lain di KBB”, ungkapnya lebih lanjut.

Ditambahkannya, hal ini sesuai dengan tugas yang dimiliki Perum Perhutani yang disebut 3P, yaitu Planet, People, dan Provit.

“Maksud Planet adalah menjaga lingkungan hidup khususnya hutan dan memberikan manfaat secara ekologis kepada masyarakat. Lalu People maksudnya kawasan hutan memberikan manfaat ekonomi masyarakat. Sedangkan Provit maksudnya kawasan hutan dapat menjadi lokasi wisata yang menguntungkan untuk kehidupan masyarakat”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner
Baca Juga,  Komoditas Pertanian Anjlok Lebih 50%, Anggota DPRD Jabar Ini Kritisi Pemprov

Komentar

News Feed