oleh

Penjelasan Terkait Isu Rizieq Shihab Kabur dari Rumkit

Bogor, BANGBARA.COM.- Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, sempat diisukan kabur secara diam-diam dari Rumah Sakit (RS) Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Hendri Fiuser menjelaskan bahwa Habib Rizieq kabur dari RS Ummi pukul 20.50 WIB, Sabtu (28/11/2020) melalui pintu belakang.

“Kabur melalui pintu belakang diduga melalui gudang obat RS UMMI namun Security RS Ummi atas nama Edy Setiawan, tidak mengetahui kendaraan yang digunakan, setelah dicek oleh security pada pukul 21.45 wib bahwa keduanya (Habib Rizieq dan ustri) telah meninggalkan kamar rumah sakit, sekitar pukul 20.50 WIB,” jelasnya.

Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI Aziz Yanuar mengatakan pihak Rumah Sakit sudah memperbolehkan Habib Rizieq pulang karena kondisinya terbilang sehat.

“Benar (Habib Rizieq dalam kondisi sehat),” katanya, Minggu (29/11/202) dikutip dari iNews.com.

Aziz membantah bahwa Rizieq kabur dari rumah sakit secara diam-diam. “Bukan cuma tidak benar (kabur), tapi muncul dari orang sinting dan gila yang isi hidupnya dipakai untuk membenci HRS,” tegas Aziz, Minggu (29/11/2020).

Belakangan diketahui, Rizieq Shihab melarikan diri dari RS Ummi Kota Bogor, saat hasil swab test miliknya menjadi perdebatan dengan Pemkot Bogor.

Paur Humas Polresta Bogor Kota Ipda Rachmat Gumilar membenarkan informasi itu. Saat ini, polisi masih menunggu keterangan dari rumah sakit. “Informasi itu benar, kita masih menungu keterangan rumah sakit,” ujar Rachmat.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan kepolisian bakal memanggil pengelola Rumah Sakit (RS) UMMI, tempat pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dirawat.

Pemanggilan itu menyusul laporan dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor yang diduga dihalang-halangi oleh pihak RS UMMI saat akan melakukan pemeriksaan COVID-19 kepada Rizieq Shihab.

Baca Juga,  Suasana PPKM Masih Banyak Pelanggaran di Lembang, Satpol PP Terus Lakukan Sosialisasi

“Kemungkinan pekan depan, karena baru kemarin lapornya, sementara penyidik dari Polresta Bogor itu akan memanggil untuk klarifikasi dulu,” kata Erdi di Bandung, Jawa Barat, Minggu (29/11/2020), dikutip dari Antara.

Menurut Erdi, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor itu tengah melakukan fungsi mendeteksi pasien yang diduga kontak erat COVID-19. Selain itu, Satgas juga berupaya untuk mengecek keabsahan hasil swab yang dilakukan kepada Rizieq Shihab.

“Dia (Satgas) akan membuktikan, siapa dokter yang merawatnya, apakah dia tersertifikasi, lalu hasil uji labnya itu dikirimkan ke lab mana, nah ini yang dikaji sama Dinkes Bogor,” katanya.

Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor melaporkan Direktur Utama dan Manajemen Rumah Sakit UMMI Kota Bogor ke Polresta Bogor Kota dengan dugaan menghambat dan menghalang-halangi tugas Satgas COVID-19 dalam menanggulangi penyebaran penyakit menular.

Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Kedisiplinan Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor Agustiansyah mengatakan di Kota Bogor, Sabtu (28/11/2020), laporan ke Polresta Bogor Kota itu dilakukan setelah menunggu janji yang disampaikan oleh Manajemen Rumah Sakit UMMI tapi tidak kunjungi dipenuhi.

“Karena ada kewajiban rumah sakit untuk melaporkan setiap pasien pasien yang dirawat dirumah sakitnya yang telah melakukan swab test, jadi sampai saat ini pihak rumah sakit belum ada respon apapun,” katanya.

Sebelumnya Rizieq sempat menjalani perawatan beberapa hari di Rumah Sakit RS, namun diperbolehkan pulang setelah dipastikan kondisinya sehat.

Rizieq dirawat sejak Rabu (25/11/2020), di Rumah Sakit (RS) Ummi, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kabar Rizieq berada di rumah sakit berawal ketika beredar video selama 3 menit 50 detik.

Pada video tersebut, terlihat Rizieq sedang menerima kunjungan dari beberapa orang di dalam sebuah ruangan yang ada di RS UMMI.

Baca Juga,  Dinkes KBB Mulai Distribusikan 3.960 Vaksin Sinovac

“Alhamdulillah hasil general check-up Abah semuanya bagus, alhamdulillah,” kata Rizieq dalam video tersebut.

Rizieq pun mengaku diperiksa soal paru-paru, ginjal, dan hati. Kemudian juga Rizieq mengaku sempat ada masalah asam urat dan asam lambung. “Alhamdulillah wa syukrulilah sehat walafiat,” ujar Rizieq.

Penulis: En-En
Dari berbagai sumber

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed