oleh

Penderita HIV/AIDS di Bandung Barat Meningkat Menjadi 323 Orang

Padalarang, BANGBARA.com – Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bandung Barat (KBB), dari tahun ke tahun meningkat, Komisi Penanggulangan Aids (KPA), tercatat hingga bulan Juli 2018 ada 323 orang tertular penyakit tersebut, yang tersebar di sejumlah kecamatan KBB.

Kenaikan angka itu disebabkan karena banyaknya masyarakat yang malu untuk melapor, namun dengan adanya pendampingan dari petugas, mereka jadi berani terbuka dan melapor, tercatat paling banyak penderita ada di Padalarang serta Lembang.

“Bisa saja mereka itu warga luar, hanya kebetulan berobat rutinnya ke Padalarang dan Lembang sehingga tercatat dalam data base,” kata Ketua Komisi Penanggulangan AIDS KBB, Lili Koesmadiantoro, Sabtu (1/12/2018) saat diwawancarai salah satu media melalui wawancara telepon selular, seperti yang dilansir pada (Tribun)

Lili menyebutkan angka terbanyak ada pada kalangan ibu rumah tangga, yang awalnya 14 persen, dan kini dari 323 penderita HIV/AIDS di KBB, naik menjadi 23 persen.

“Bisa jadi karakter dari bapak-bapaknya (suami) urban, yang berbulan-bulan tidak pulang mungkin di sananya ‘jajan’, sangat ironis membuat seringkali ibu rumah tangga yang jadi korban,” Tambahnya Lili.

AIDS disebabkan oleh human immunodeficiency virus (HIV). HIV yang masuk ke dalam tubuh akan menghancurkan sel CD4, CD4 adalah bagian dari sel darah putih yang melawan infeksi. Semakin sedikit sel tersebut dalam tubuh, maka semakin lemah pula sistem kekebalan tubuh seseorang.

Penularan HIV terjadi saat darah, sperma, atau cairan vagina dari seseorang yang terinfeksi masuk ke dalam tubuh orang lain, hal ini dapat terjadi melalui berbagai cara, antara lain, Hubungan Seks Bebas, Oral Seks, Berbagi Jarum Suntik. (Mtn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed