oleh

Pemkab Bandung Barat Luncurkan Kembali 54 Ribu Paket Bansos Untuk Warga Terdampak Covid-19

Link Banner

Cisarua, BANGBARA.COM. – Bertempat di Kantor Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Bupati Aa Umbara Sutisna secara simbolis menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Pangan kepada warga terdampak Covid-19.

Tampak hadir dalam jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) KBB seperti Kapolres Cimahi AKBP Yoris Maulana, Dandim 0609, Letkol (ARH) Teguh Waluyo, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bandung Paryono, Kepala Dinas Sosisal (Dinsos) KBB Heri Partomo, dan pejabat lainnya di Kantor Kecamatan Cisarua.

Link Banner

“Hari ini di seluruh Kecamatan KBB dilakukan penyaluran Bansos Pangan, namun secara simbolis dilakukan di Kecamatan Cisarua ini, yang mana nantinya penyaluran akan dilakukan sampai tingkat Desa”, ujar Umbara kepada awak media di lokasi acara, Rabu (08/07/2020).

Menurut Umbara, pada penyaluran kali ini mengalami kenaikan jumlah dari yang sebelumnya 46.000 paket kini menjadi 54.000 paket, dengan nilai paket tetap Rp300.000 berupa bahan sembako.

“Tapi harus dipahami, nilai Rp300.000 itu bukan berarti utuh bulat seharga itu, karena kan terpotong biaya pajak, transportasi, dan packing. Jadi jangan nanti di bilang Pemerintah KBB mengurangi nilai paket”, lanjut Umbara.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bersama jajaran Forkopimda KBB dalam acara Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Pangan kepada warga terdampak Covid-19 secara simbolis di Kantor Kecamatan Cisarua, Rabu (08/07/2020).
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bersama jajaran Forkopimda KBB dalam acara Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Pangan kepada warga terdampak Covid-19 secara simbolis di Kantor Kecamatan Cisarua, Rabu (08/07/2020).

Orang nomor satu di KBB ini juga menyebutkan dalam penyaluran kali ini Insya Allah tidak akan terjadi kecurangan karena diawasi dan di kawal oleh pihak Kejaksaan dan juga TNI/Polri.

“Bansos Pangan ini juga masih ada 1 kali lagi yaitu di bulan depan (Agustus). Untuk yang kali ini, mudah-mudahan dalam 2-3 hari ke depan bisa beres dan tersalurkan seluruhnya kepada masyarakat”, pungkasnya.

Baca Juga,  Akhirnya, 19 Orang Relawan Melaksanakan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Disaksikan Jokowi

Sementara itu Kadinsos KBB Heri Partomo menjelaskan seharusnya pendistribusian Bansos tahap 2 ini dilakukan di bulan Juni, namun karena terkendala proses validasi data, maka baru bisa dilaksanakan bulan Juli ini.

“Semula jumlah pengajuan data tahap 2 dari 165 Desa, penambahannya mencapai 83.000 penerima. Setelah dilakukan penyaringan, baru muncul angka 54.082 penerima. Proses penyaringan berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat”, terang Heri.

Ditambahkannya, penyaluran Bansos Pangan tahap 2 ini sudah dimulai sejak Sabtu (04/07/2020) lalu, namun baru hari ini dilaksanakan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Umbara di Kantor Kecamatan Cisarua.

“Isi Paket terdiri dari beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, mie instan 20 buah, sarden besar 2 buah dan susu kental manis 1 kaleng. Seluruh pembiayaan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) KBB dari anggaran belanja tak terduga”, tutur Heri.

Reporter: Wawan Saefulatif
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed