oleh

Pemda KBB Sukses Atasi Covid-19, Ngamprah Mulai Aman, Tinggal Padalarang Harus Waspada

Padalarang, BANGBARA.COM. – Beredar kabar bahwa Kecamatan Padalarang, dinyatakan berada dalam Zona Merah Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Hernawan Widjajanto menyebutkan kabar tersebut kurang tepat dan memberikan penjelasannya saat dihubungi Bangbara, Jum’at (02/10/2020).

“Jadi sebenarnya bukan masuk Zona Merah, tapi di dalam peta penyebaran memang Kecamatan Padalarang diberi warna merah”, ucap Hernawan.

Dilanjutkan Hernawan, pemberian warna merah ini sebagai tanda bahwa kasus Covid-19 di Kecamatan Padalarang tersebar di lebih dari 50% jumlah Desa yang ada meskipun jumlahnya tidak banyak.

“Walaupun di tiap Desa hanya ada 1 orang yang positif, namun jika tersebar di lebih dari 50% jumlah Desa yang ada, maka kita kategorikan warna merah”, jelas Hernawan.

Hernawan membandingkan dengan kasus yang terjadi di Kecamatan Ngamprah, dimana sebelumnya berwarna merah kini sudah berwarna oranye karena kini sudah mulai banyak yang sembuh.

“Ngamprah sebelumnya di peta kan merah, nah karena sekarang sudah banyak kesembuhan dan yang masih positif tidak tersebar di lebih dari 50% Desa yang ada, makanya sekarang Kecamatan Ngamprah diberi warna oranye di peta”, terang Hernawan.

Berdasarkan informasi terbaru peta penyebaran Covid-19 di KBB, Kecamatan Ngamprah terkonfirmasi positif sebanyak 64 orang, dengan 14 orang masih dinyatakan aktif, sedangkan 50 orang dinyatakan sembuh.

Sedangkan untuk Kecamatan Padalarang, Terkonfirmasi positif sebanyak 49 orang, dengan 18 orang masih dinyatakan aktif, sedangkan 31 orang dinyatakan sembuh.

Keberhasilan penurunan kasus Covid di Ngamprah menurut Hernawan karena disebabkan pengawasan ketat dari para petugas yang turun ke lapangan dalam melakukan pengawasan.

Keberhasilan penurunan kasus Covid-19 di Ngamprah menurut Hernawan karena disebabkan pengawasan ketat dari para petugas yang turun ke lapangan dalam melakukan pengawasan.

Baca Juga,  Angka Kesembuhan Covid-19 Masih Dibawah Rata-Rata Nasional, Sekda Sebut PPKM KBB Akan Diperpanjang

“Intervensi yang dilakukan Pemda dengan menurunkan banyak petugas untuk mengawasi masyarakat di Ngamprah ternyata cukup berhasil mengurangi kasus Covid-19, makanya Ngamprah kini bisa berubah dari merah sekarang menjadi oranye”, tuturnya lebih lanjut.

Ditambahkan Hernawan, sambil menunjukan data peta Covid-19, menurutnya pemberian warna merah di peta ditujukan agar masyarakat menjadi lebih tau dan waspada bahwa di wilayahnya kasus Covid-19 tersebar di banyak tempat.

Kalaupun banyak kasus positif namun jika hanya di 1 tempat, tidak akan mungkin diberi warna merah. Karena yang dibilang merah itu jika penyebaranya di beberapa titik Desa.

Dengan begitu gerak cepat dari para petugas dan pemerintahan Pemda KBB dibilang sukses karena melakukan secara terus menerus Rajia masker dan lainya, sehingga Kecamatan Ngamprah ini dibilang cepat menjadi oranye.

“Ya, semoga kasus Covid-19 di Kecamatan Padalarang bisa cepat turun dan akhirnya berubah jadi oranye. Yang sekarang oranye bisa cepat jadi kuning. Alhamdulillah jika nanti semua wilayah di KBB bisa jadi hijau”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed