oleh

Pemda KBB Mulai Berlakukan Penutupan Pasar Modern dan Tradisional Pada Jam Yang Ditentukan

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengunjungi sejumlah pasar tradisional dan mini market di wilayah Kecamatan Padalarang dan Ngamprah terkait pembatasan waktu operasional pelaku usaha di KBB.

Hal ini dilakukan sehubungan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Bupati Bandung Barat Nomor: 440/846/Disperindag tentang Pembatasan Waktu Operasional Pelaku Usaha Toko Modern, Pasar Modern, pasar Tradisional/Rakyat, dan Pasar Desa dalam rangka upaya percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di KBB.

Link Banner

Dalam SE tertanggal 6 April 2020 yang ditandatangi langsung Bupati Aa Umbara Sutisna disebutkan bahwa terhitung mulai tanggal 8 April 2020 sampai dengan situasi dan kondisi dinyatakan kondusif sesuai perkembangan maka waktu

Untuk jam operasional yang diberlakukan yaitu, untuk Toko Modern, Pasar Modern, dan Grosir dapat buka setiap hari mulai 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk Pasar Tradisional/Rakyat dan Pasar Desa, setiap hari dapat beroperasi sampai batas waktu pukul 14.00 WIB.

Ricky Riyadi, Kepala Disperindag KBB.
Ricky Riyadi, Kepala Disperindag KBB.

Ricky Riyadi selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) KBB menambahkan agar Toko Modern, Pasar Modern, dan Grosir, selama jam operasional tidak menyediakan area tempat duduk baik di dalam maupun diluar toko.

“Dihimbau juga agar Toko Modern, Pasar Modern, dan Grosir, mengatur dan membatasi jumlah pengunjung dengan memperhatikan Physical Distancing serta SOP Protokol Kesehatan (penyediaan hand sanitizer dan alat pendeteksi suhu tubuh)“, jelas Ricky saat dihubungi Bangbara, Selasa (14/04/2020).

Dalam operasi yang dilakukan petugas Satpol PP hari ini (Selasa, 14/04/2020) masih ditemukan beberapa pedagang di Pasar Curugagung Padalarang yang masih membuka tokonya melebihi jam operasional yang sudah ditentukan.

Petugas Satpol PP KBB, memberikan Surat Edaran kepada pedagang pasar tradisonal. Selasa (14/04/2020).
Petugas Satpol PP KBB, memberikan Surat Edaran kepada pedagang pasar tradisonal. Selasa (14/04/2020).

Hal ini membuat petugas memberi peringatan kepada pedagang dan pengelola pasar agar mematuhi aturan dalam Surat Edaran yang sudah diberlakukan resmi ini.

Baca Juga,  Setelah 3 Bulan Mati Suri, Peternak Bebek Petelur di Tegal Kini Bangkit Lagi

“Ya mulai hari ini kita mendapatkan tugas untuk memberitahukan kepada setiap toko, minimarket, maupun pasar tradisional untuk tutup pada waktu yang sudah ditentukan setiap harinya” papar Usep salah satu petugas Satpol PP yang ditemui.

Pasar Curugagung yang masih beroperasi diluar jam sudah ditentukan. Selasa (14/04/2020).
Salah satu pasar tradisional yang masih beroperasi diluar jam sudah ditentukan. Selasa (14/04/2020).

Usep juga mengatakan, pihaknya mendapatkan tugas untuk menutup paksa bagi pasar maupun toko modern yang didak mengikuti anjuran sesuai Surat Edaran yang berlaku.

“Kami mendapatkan tugas juga untuk menutup paksa jika memang ada toko,minimarket, atau pasar yang membandel masih buka di jam yg ditentukan”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed