oleh

PDIP Jabar Bagikan 92.632 Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Jawa Barat (Jabar) membagikan 92.632 paket sembako untuk pengurus dan kader Pengurus anak Cabang (PAC), Ranting, Anak Ranting dan Masyarakat terdampak Covid-19 di Jabar.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD PDIP Jabar Ketut Sustiawan, saat melakukan pembagian di Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bandung Barat (KBB) di kawasan Ngamprah, pada Sabtu (16/05/2020).

Link Banner
Link Banner

Menurutnya, pembagian paket ini merupakan bagian dari Gerakan Gotong Royong PDIP dalam penanggulangan Covid-19 di tengah wabah Covid-19 pada masyarakat yang terdampak saat ini.

Tampak hadir di tengah acara adalah Wakil Bupati (Wabup) Hengki Kurniawan, Ketua DPC PDIP KBB Ida Widaningsih, para anggota Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) KBB, para Ketua PAC PDIP KBB beserta jajaran pengurus, berikut pengurus Ranting dan Anak Ranting PDIP KBB.

“Total paket yang akan dibagikan secara serentak untuk PAC, Ranting dan Anak Ranting ada 92.632 paket sembako yang akan dibagikan by name, by address, by phone yang diusulkan DPC di 27 Kabupaten/Kota”, ujar Ketut kepada media seusai acara.

Ditambahkannya, anggaran untuk bantuan ini berdasarkan gotong royong dari 19 orang Anggota DPRD Provinsi Jabar, 202 orang Anggota DPRD Kabupaten/Kota, 13 orang Anggota DPR RI, kas Partai, Kepala Daerah yang berasal dari PDIP, calon Kepala Daerah yang akan berlaga di Pilkada, ada yang berupa paket ada juga dana, murni tanpa bantuan Pemerintah.

Menurutnya, PDIP sudah menyampaikan secara organisasi siap mendukung langkah Pemerintah baik Pusat atau Daerah untuk bersama melawan Covid-19, karena yang terdampak bukan hanya kesehatan, namun juga sosial dan ekonomi.

Baca Juga,  KBB Segera Berikan Sanksi Tegas Bagi Yang Melanggar Protokol Kesehatan, Ini Dia Sanksinya
Pembagian sembako di Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP KBB di kawasan Ngamprah, Sabtu (16/05/2020).
Pembagian sembako di Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP KBB di kawasan Ngamprah, Sabtu (16/05/2020).

Saat disinggung mengenai pembagian bantuan kepada masyarakat yang selama ini selalu bermasalah terkait data penerima bantuan, Ketut mengakui bahwa selama ini banyak terjadi permasalahan.

“Terkait data yang selama ini carut marut, kami sudah instruksikan kepada seluruh kader Partai smpai tingkat Kecamatan dan Desa untuk melakukan pengawasan agar tidak terjadi penyimpangan dalam pendistribusiannya”, tegasnya.

Ketut Sustiawan, Sekjen DPD PDIP Jabar.
Ketut Sustiawan, Sekjen DPD PDIP Jabar.

Ketut juga menyebutkan bahwa Partai sudah menginstruksikan kepada  seluruh angggota Fraksi baik di Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota untuk melakukan pengawasan dalam pembagian dan penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

“Kalau di Provinsi kami terus menjalin komunikasi terkait  data penerima bantuan yang kami lihat memang cukup kacau. Buat kami (PDIP) intinya siapapun yang terdampak harus mendapatkan bantuan”, ucapnya kembali.

Dilanjutkannya, bahwa Partai juga akan mengawal anggota Fraksi untuk mengawasi APBD yang di gunakan Pemda supaya tepat sasaran dalam menangani Covid-19. APBD melalui realokasi dan refocusing untuk penanganan Covid-19 ini benar-benar digunakan untuk penanganan, jangan sampai ada masyarakat yang kelaparan.

“Jika ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan, silahkan sampaikan kepada kader PDIP, kita akan bantu menangani. Gerakan Gotong Royong ini akan terus kami lakukan sampai usai lebaran, sampai bulan Agustus nanti”, terang Ketut.

Dijelaskan pula oleh Ketut, bahwa di Jabar PDIP meluncurkan Program Sejuli (Selasa Jum’at Peduli) yang mana tiap hari Selasa dan Jum’at di seluruh Jabar kader PDIP memberikan bantuan bisa berupa nasi kotak, nasi bungkus, bahkan ada yang hingga membuka dapur umum.

“Yang kita lakukan bukan hanya sebatas untuk membantu anggota PDIP, namun bisa untuk seluruh masyarakat. Mungkin ini tidak cukup untuk mengantisipasi kondisi pandemi Covid-19, namun kita berusaha semaksimal mungkin untuk membantu”, pungkasnya.

Baca Juga,  Covid-19 Seperti Semangka Terlihat Hijau Dibelah Merah, BPBD KBB Kembali Lakukan Penyemprotan

Pernyataan Ketut ini diamini oleh Wabup KBB Hengki Kurniawan yang turut menyempatkan hadir dalam acara walaupun hanya sebentar, pihaknya sangat mengapresiasi DPD PDIP Jabar ini.

“Semoga ini bisa bermanfaat bagi semua. Kita bisa bertahan karena rasa Gotong Royong kebersamaan seperti yang dilakukan oleh PDIP ini. Semoga badai ini cepat berlalu. Pecayalah, dibalik kesulitan pasti ada kemudahan”, ujarnya secara singkat.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed