oleh

Pasar Tagog Padalarang Sesak Padat Merayap Jelang Idul Adha

Padalarang, BANGBARA.COM. – Menjelang Idul Adha 2020 padat merayap, Pasar Tagong Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB) kini nampak ramai dikunjungi para pembeli.

Kondisi ini terjadi sejak mulai masuk subuh hingga siang haripun masih padat, Kamis, (30/07/2020), nampak para pembeli memadati jalan-jalan disekitar pasar Tagog Padalarang.

Kemacetan nampak terjadi diruang jalan tersebut, namun banyak warga juga yang sangat kurang memperhatikan kondisi protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah.

Suasana dalam Pasar Tagog Padalarang, KBB. Kamis (30/07/2020).
Suasana dalam Pasar Tagog Padalarang, KBB. Kamis (30/07/2020).

Dari pantauan Redaksi, melihat keramaian yang terjadi di Pasar Tagog ini, tidak terdapat petugas yang berjaga-jaga sehingga sempat terjadi kepadatan lalu lintas yang tidak terkendali.

Namun nampak juga para pedagang dan pembeli yang juga menggunakan fasilitas masker dan berjubel dengan pembeli lainya di sekitar pasar.

Salah seorang pembeli yang kebetulan sedang liburan menuturkan kepada Bangbara, Ia pernah berbelanja kemarin, namun tidak sepadat ini, namun hari ini terasa padat sekali.

“Kemarin saya kesini belanja tapi tidak padat, tapi hari ini wahhh saya tidak bisa lewat padat sekali”, ucap Siti Khodijah (52) warga Tegal yang kebetulan berlibur Idul Adha di rumah Anaknya di Padalarang.

Suasana dalam Pasar Tagog Padalarang, KBB. Kamis (30/07/2020).
Suasana dalam Pasar Tagog Padalarang, KBB. Kamis (30/07/2020).

Rangga Saputra salah seorang pedagang berasmenyampaikan, mekipun harga beras naik, namun dagangan yang disajikannya habis ludes diborong warga yang akan mempersiapkan membuat ketupat lebaran.

“Harga berasnya berfariasi, dari yang harga Rp9.800, Rp9.600, hingga yang Rp10.000 perliternya, semua Alhamdulilah ludes. Ini karena bertepatan hari Raya Idul Adha yang jatuh Jum’at besok banyak pembeli bahkan sampai diborong buat bikin ketupat”,ujar Rangga.

Rangga bersyukur sejak diumumkan kondisi New Normal, pihaknya kini bisa berdagang kembali seperti biasanya dan dapat memulihkan ekonomi keluarganya kembali.

Baca Juga,  Tak Punya Akses Jalan Lagi, Siswa SMPN 4 Ngamprah Terpaksa Melalui Jalan Curam Berbahaya

“Alhamdulillah sejak diumumkan berlakukannya New Normal, sekarang kita sudah mendapatkan penghasilan kembali. Semoga adanya Covid-19 bisa cepat hilang, agar kita bisa hidup kembali”, katanya.

Suasana dalam Pasar Tagog Padalarang, KBB. Kamis (30/07/2020).
Suasana dalam Pasar Tagog Padalarang, KBB. Kamis (30/07/2020).

Kondisi Pasar Tagog saat ini bisa dibilang merupakan tampilan hari terakhir pada suasana Idul Adha, karena bulan Agustus kedepan, direncanakan akan dipindahkan kepada Tempat Penjualan Sementara (TPS) di depan Terminal Padalarang.

Sekitar sebulan yang lalu sempat menjadi ketegangan dari ratusan pedagang yang rencana dipindahkan ke TPS oleh pihak Pemda KBB karena dianggap tidak sesuai lokasi yang diharapkan oleh para pedagang.

Dari awalnya yang direncanakan dekat lokasi pabrik kancing gedong lima yang di protes oleh warga, namun kini ada kesepakatan Pemda KBB melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk ditempatkan sesuai keinginan pedagang, di depan Terminal Padalarang.

Haji Yayan yang mewakili para pedagang Pasar Tagog menyampaikan kepada Bangbara, Revitalisasi Pasar sudah disepakati di depan terminal Padalarang, kini sedang dilakukan proses perijinannya.

“Lokasi sementara sudah disepakati pedagang di terminal depan pasar dan bahu jalan di Jalan Raya Purwakarta Padalarang. Perizinan sedang ditangani pihak pemda KBB dan PT Bangunbina”, terang Yayan, Kamis (30/07/2020).

Para pedagang yang rencananya meminta pindah lokasi depan Stasiun Padalarang dikabarkan pihak KAI tidak memberi ijin, sehingga sambil menunggu pembangunan pasar modern Tagog Padalarang akan ditempatkan sementara di Depan terminal.

Reporter: Abdul Kholilulloh
Editor: Mohammad Addien

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed