oleh

Pancasila Dalam Aksara Sunda Terbesar Bakal Pecahkan Rekor

Kita Bandung, BANGBARA.COM – Untuk pertamakalinya penulisan kata Pancasila dengan menggunakan tiga tipe aksara Sunda buhun terbesar ukuran 20 x 17 meter bakal pecahkan rekor ORI (Original Record Indonesia Award). Demikian pernyataan Panitia Gebyar Aksara 2018 dalam jumpa pers bertempat di Centropunto Resto Jl. Trunojoyo No. 58 Kota Bandung, Sabtu (20/10/18).

Ketua Panitia, Tari Lestari menyatakan even tersebut dalam rangka Peringatan Hari Aksara Internasional ke-53, Gentra Pamitran yang bekerjasama dengan KNPI, WMPC Kota Cimahi bakal digelar pada 27 Oktober mendatang bertempat di Pendopo DPRD Kota Cimahi dengan tema Mengembangkan Keterampilan Literasi yang Berbudaya.

“Target audien sebanyak kurang lebih 2000 orang yang terdiri dari siswa siswi dari TK sampai SMA untuk lomba aksara dan juga melibatkan enam puluh komunitas budaya se-Jawa Barat. Terkait dukungan dari Pemkot Cimahi dalam hal fasilitas gedung sementara secara finansial dari Pembina Gentra Pamitran H. Deden Hidayat dan juga dari Telkomsel”, papar Tari.

Sementara itu Budayawan Sunda asal Cimahi Yudistira Purana Shakyakirty yang lebih dikenal Abah Ujang berharap dengan digelarnya Gebyar Aksara dapat mengenalkan budaya Sunda khususnya aksara kepada masyarakat karena dari aksara ada filosofinya dan alangkah baiknya orang Sunda tahu dan cinta dengan aksara Sunda.

“Harapannya terhadap Pemkot Cimahi mudah-mudahan aksara Sunda jadi pelajaran muatan lokal untuk meningkatkan budaya Sunda di Cimahi”, harapnya.

Gebyar Aksara 2018 Kota Cimahi tersebut selain pemecahan rekor penulisan Pancasila dengan aksara Sunda juga akan diisi dengan talkshow interaktif, pagelaran seni, lomba masak kuliner buhun, lomba kaligrafi, lomba alih aksara ke aksara daerah dan lomba mewarnai yang rencananya dimulai pukul 08:00 – sampai 21:00 WIB.(Jk)

854total visits,2visits today

Komentar

News Feed