oleh

Padepokan Seni Budaya Sunda Padalarang, Butuh Peran Serta Pemkab KBB

Padalarang, BANGBARA.COM – Hanya bermodalkan hasil jerih payah sendiri, Toni Permana dibantu oleh sang Istri dan seorang pemuda, Kang Asep Suhendi alias (Kang Apep) ini mendirikan Padepokan Seni Budaya Sunda Dangiang Buana Padjadjaran yang sudah berdiri sejak 5 tahun yang lalu, di Kampung Sukamaju RW 06 Desa Padalarang Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Berbagai macam kegiatan diantanya kesenian Gamelan Sunda, Pencaksilat, Jaipong, karinding, dan juga prestasi yang sudah di raihnya, dengan segala upaya sudah dilakukannya supaya bisa mengembangkan, membesarkan padepokan ini adalah sebuah perjuangan yang tidaklah mudah untuk bisa mengharumkan nama KBB dikancah Nasional, juga Internasional untuk kebudayaan seni Sunda.

“Harapan saya prestasi yang sudah didapatkan ini, bisa menjadi bahan pertimbangan pemerintah untuk membantu membesarkan Padepokan ini, jangan sampai hanya menjadi koleksi saja”. Ujar Toni kepada Bangbara.com. kamis, (30/11/18).

Segala upaya sudah dilakukan Toni, baik dengan cara pengajuan proposal bantuan, ataupun lainya,
namun nasib belum mujur. Hal ini selalu terkendala dengan rekomendasi Dinas terkait, padahal legalitas dari padepokan Dangiang Buana Padjadjaran tersebut sudah lengkap.

“Dengan adanya padepokan ini, Alhamdulillah para pemuda semua ikut andil dan aktif, sehingga ini bisa menambah kegiatan pemuda u tuk melakukan kegiatan positif” katanya.

Toni yang juga ketua Rw 06 tersebut berharap ada solusi terbaik dari pemerintah setempat untuk dapat membantu pengembangan kesenian sunda yang ada di KBB seperti yang dilakukanya ini.  (Adn/Mtn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed