oleh

Miris, Dinyatakan Mengidap Kanker Darah, Balita Dede Sandi Warga Cisarua Ini Butuh Bantuan Biaya

Cisarua, BANGBARA.COM. – Kondisi mengkhawatirkan, salah seorang balita warga Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang telah dinyatakan mengidap penyakit Kanker Darah (Leukimia) oleh pihak rumah sakit.

Adalah Sandi Raditia Saputra yang baru berusia 2 tahun 6 bulan, putra dari pasangan Iyus Cahyana (26) dan Nur Endah (24) warga Cikarang Mulya RT005 RW006, Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, KBB.

Sandi dinyatakan mengidap kanker darah yang sudah akut, dan disebut-sebut bukan lagi kanker darah yang stadium satu melainkan sudah mulai sangat memprihatinkan.

Kondisi rumah Sandi Raditia Saputra, balita warga Cikarang Mulya, RT005 RW006 Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, KBB, yang mengidap Kanker Darah (Leukimia), dan membutuhkan bantuan biaya pengobatan.
Kondisi rumah Sandi Raditia Saputra, balita warga Cikarang Mulya, RT005 RW006 Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, KBB, yang mengidap Kanker Darah (Leukimia), dan membutuhkan bantuan biaya pengobatan.

Pada awalnya Dede Sandi di diagnosis demam berdarah karena gejalanya hampir sama. Namun ternyata setelah dilakukan cek lab di RSHS, hasilnya ternyata adalah kanker darah dan cukup mengagetkan pihak keluarga.

Kondisi fisik Dede Sandi ini tidak umum seperti anak lainya. Karena terlihat perut yang sangat membesar, sedangkan tubuhnya kurus sehingga gejala ini nampak mengkhawatirkan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Maul, salah seorang tetangga dekat yang ikut prihatin terhadap kondisi Dede Sandi ini, dan menceritakannya kepada Bangbara.com.

“Saya warga sekitar tinggalnya dekat dengan Dede Sandi ini. Itulah yang saya tau, kondisi keluarganya pun sangat memprihatikan. Mudah-mudahan ada yang bisa membantu biaya untuk Dede Sandi agar bisa sembuh dan bermain kembali”, papar Maul, Jumat, (07/08/2020).

Menurut Maul, orang tua  Dede Sandi ini dalam ekonomi sangat memprihatikan, sehingga untuk biaya besar di RS dipastikan tidak dapat terpenuhi.

Kondisi rumah keluarga Sandi Raditia Saputra, balita warga Cikarang Mulya, RT005 RW006 Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, KBB, yang mengidap Kanker Darah (Leukimia), dan membutuhkan bantuan biaya pengobatan.
Kondisi rumah keluarga Sandi Raditia Saputra, balita warga Cikarang Mulya, RT005 RW006 Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, KBB, yang mengidap Kanker Darah (Leukimia), dan membutuhkan bantuan biaya pengobatan.

“Pak Iyus hanya sebagai petani kebun, dan menggarap lahan milik orang lain. Jadi kalau untuk biaya yang sangat besar itu, dipastikan Pak Iyus tidak akan mampu”, terangnya.

Baca Juga,  Berniat Menjadi Sekolah Unggulan Agrowisata, Ini Rencana Plt Kepsek SMPN 4 Ngamprah

Ditempat yang berbeda, Asep Rohimat selaku Kepala Desa (Kades) Pasirhalang saat dihubungi Bangbara membenarkan, kondisi Dede Sandi yang sakit ini kondisi orang tuanya sangat membutuhkan bantuan, hingga pihak Desa ikut mondar mandir membawa Sandi ke RSHS.

“Ya betul kang, itu warga kami. Dan dalam seminggu ini kami bolak balik untuk membantu keluarga pak Iyus sekaligus meringankan bebannya, dan dibantu patungan anggaran dari warga juga”, terang Asep saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat, (07/08/2020).

Asep melanjutkan, pihak Pemdes terus berupaya untuk meringankan biaya untuk pulang pergi ke rumah sakit dengan mobil Operasional Desa, dan mengajukan bantuan kepada pihak PMI.

Mobil Operasional Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, KBB.
Mobil Operasional Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, KBB.

“Kami pihak Pemdes sedang berusaha terus supaya biaya ringan dan pulang pergi kerumah sakit dan juga ke PMI. Alhamdulillah ada mobil operasional warga yang ada di Desa, jadi lebih meringankan biaya”, terangnya.

Bersyukur, saat bersamaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) milik Iyus dan keluarga sudah mulai aktif kembali sehingga biaya bisa dapat bantuan APBD dari Pemda KBB.

Namun meskipun sudah ada Jamkesmas, tetap saja keluarga Dek Sandi ini sangat membutuhkan bantuan anggaran untuk membeli darah dan kebutuhan lainya yang tidak tercover oleh BPJS.

Kartu Keluarga milik Iyus.
Kartu Keluarga milik Iyus.

“Meskipun sudah ada Jamkesmas, namun tetap saja membutuhkan biaya untuk Darah atau beberapa hal lainya yang tidak dapat dicover oleh BPJS”, katanya Asep kembali.

Dengan kondisi ini, Asep berharap ada kesediaan Dermawan, maupun Pemerintah untuk dapat membantu meringankan beban biaya perawatan Dede Sandi hingga sembuh.

“Kepada warga masyarakat baik warga Desa Pasirhalang maupun dimana saja, mohon doanya dan uluran tangannya untuk membantu anak ini supaya sembuh seperti sedia kala, Aamiin Ya Roball Allamin”, tulis Asep diakhir ungkapnya.

Baca Juga,  Tak Punya Akses Jalan Lagi, Siswa SMPN 4 Ngamprah Terpaksa Melalui Jalan Curam Berbahaya

Bagi yang ingin memberikan dantuan atau donasi dapat menghubungi pihak Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, KBB.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed