oleh

Milennial Desa Sukamanah, Gelar Pelatihan Ecobrick dan Aksi ABUR

Rongga, BANGBARA – Puluhan anak muda (Milennial) dari beberapa komunitas gelar Aksi Beberesih Lembur (ABUR) dan menggelar pelatihan Ecobrick di puncak Gunung Panenjoan, Kampung Cicadas Desa Sukamanah Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Aksi beberesih lembur ini dalam rangka meriahkan World Clean Up Day (WCD) yang digelar secara serentak di berbagai belahan dunia pada tanggal 21 September 2019.

Kalangan muda Desa Sukamanah ini terdiri dari beberapa komunitas diantaranya, komunitas pendaki Gunlar Adventur, Karang Taruna Cicadas, Osis MA Nazwa dan Pokdarwis Riksa Wiyata.

Inisiatif gelar WCD ini dilaksanakan di puncak Gunung Panenjoan, sekaligus melakukan kegiatan pelatihan olah sampah anorganik dengan sistem Ecobrick.

“Persiapan kegiatan pelatihan ecobrick ini sudah dirancang sekitar seminggu yang lalu bersama Kang Cepian (Ketua Pokdarwis Desa Sukamanah) bersamaan Pak Bupati Umbara membuat himbauan melakukan aksi beberesih lembur untuk WCD. Jadi ya, tepat sekali momen nya” Kata leader Gunlar Adventure sekaligus inisiator Kegiatan ABUR, Dedi Gunlar. Minggu ,(22/9/2019).

“Kegiatan WCD harus sampai tuntas tidak berhenti pada aksi pungut sampah, dan membakarnya begitu saja, karena akan berdampak negatif pada lingkungan” katanya.

Ecobrick sendiri adalah sebuah solusi bagi penanggulangan sampah yang tidak hanya efektif tapi juga berdaya guna.

Sampah plastik yang sudah terkumpul kemudian dicacah lalu dimasukan ke dalam botol kemasan air mineral sampai terisi penuh dan sangat padat, sehingga menghasilkan tekstur botol yang keras.

Botol-botol yang sudah terisi nantinya bisa diolah menjadi kerajinan seperti kursi ataupun meja bahkan jika dalam skala banyak bisa juga dijadikan bahan membuat dinding bangunan.

Hal senada disampaikan Deru Urban, selaku ketua Karang Taruna Cicadas yang juga sedang melakukan aksi serupa di Kabupaten Majalengka juga melontarkan pendapat senada saat dikonfirmasi via Whatsapp.

Baca Juga,  Warga Desa Sirnaraja KBB Protes, Karena Desanya Masuk Dalam Kecamatan Nyalindung Yang Baru

“Beberapa hari kemarin kami intens berkomunikasi melakukan rapat kecil di Group WA demi kesuksesan pelatihan ecobrick. Meski sayang sekali saya tidak bisa hadir secara langsung karena harus mengisi acara yang sama disini. Tapi saya sudah mengintrupsikan Pada Kang Eel Hendriyanto untuk mengkoordinir anggota karang taruna” tambah Deru yang juga aktif sebagai Pegiat SDKBB.

(Adn)

Komentar

News Feed