oleh

Meski Dinilai Berhasil Oleh Provinsi, Pemda KBB Tetap Lanjutkan PSBB Secara Parsial

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM. – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dinyatakan berada dalam Zona Biru (cukup aman) dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Provinsi Jabar yang dilaksanakan pada tanggal 6-19 Mei 2020.

Walaupun berdasarkan evaluasi tingkat Provinsi dinyatakan masuk Zona Biru, namun menurut evaluasi Pemkab Bandung Barat sendiri menyatakan masih berada di Zona Kuning (belum aman) dan akan melaksanakan PSBB lanjutan secara Parsial.

Link Banner

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Aa Umbara Sutisna kepada awak media usai rapat evaluasi pelaksanaan PSBB bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Gedung Sekretariat Daerah KBB, Selasa (19/05/2020).

“Alhamdulillah berdasarkan hasil evaluasi Provinsi, KBB berada di Zona Biru dalam pelaksanaan PSBB Provinsi yang berakhir hari ini. Namun dari evaluasi Kabupaten sendiri, dinyatakan masih berada di Zona Kuning” terang Umbara.

Menurut Umbara, Pemprov menyatakan KBB masuk Zona Biru karena tidak ada penambahan pasien positif atau meninggal secara signifikan selama pelaksanaan PSBB Provinsi selama 2 Minggu yang lalu.

Sedangkan pihak Pemkab sendiri menyatakan masih Zona Kuning, karena masih ada yang positif. Untuk itulah menurut Umbara KBB akan melanjutkan PSBB secara Parsial dengan tujuan agar KBB masuk Zona Hijau (aman) yang artinya tidak ada pasien positif.

“PSBB di KBB akan dilanjutkan namun secara Parsial, dengan lebih fokus dan dilokalisir di wilayah RW yang masih terdapat pasien positif. Ada 13 RW di 8 Desa yang akan kita lebih fokuskan dalam PSBB lanjutan yang berlaku mulai besok, Rabu (20/05/2020)”, ujar Umbara kembali.

Sang Bupati mensyukuri bahwa selama PSBB Provinsi tidak menunjukkan tren positif naik di KBB, namun dirinya tetap berharap agar masyarakat tetap menjalankan protokoler kesehatan agar KBB bisa benar-benar tidak ada lagi pasien positif.

Baca Juga,  Tanpa Bantuan Pemda, Wisata Stone Garden Segera Manjakan Pengunjung Dengan Kampung Hijau

“Masyarakat tetap diminta melaksanakan protokoler kesehatan. Walaupun PSBB lanjutan akan secara Parsial, namun aturan PSBB tetap berlaku di semua wilayah di KBB. Jika PSBB sebelumnya lebih umum, sekarang lebih fokus di RW”, tuturnya.

Dirinya berharap, selama 14 hari kedepan dalam pemberlakuan PSBB lanjutan secara Parsial dilaksanakan dengan maksimal. Bagi Masyarakat yang mau pergi harus ada surat RT/RW. Jika perlu di dampingi oleh petugas hingga kembali ke rumah.

“Kita maksimalkan 14 hari kedepan, dan semoga di KBB bisa mengurangi jumlah yang positif. Kalau bisa benar-benar tidak ada lagi yang positif. Jangan lelah untuk melawan Covid-19”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Link Banner
Link Banner

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed