oleh

Merasa Jadi Korban Perbup 35, Forum Masyarakat Desa Cintakarya KBB Menuntut Keadilan

Link Banner

Ngamprah, BANGBARA.COM – Komplek Kantor Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) hari ini, Selasa (17/12/2019) di datangi oleh Forum Masyarakat Desa Cintakarya yang merupakan pendukung Wawan Setiawan, Calon Kepala Desa (Cakades) Cintakarya, Kecamatan Sindangkerta, Selasa, (17/12/2019).

Wawan Setiawan merupakan Cakades yang kalah pada ajang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang berlangsung serentak pada hari Minggu (24/11/2019) yang lalu.

Link Banner

Tujuan kehadiran mereka mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) KBB ini adalah untuk melakukan aksi damai menuntut keadilan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa KBB, karena merasa dianggap menjadi korban dari Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 35 Tahun 2019 yang digunakan untuk memutuskan pemenang pada Pilkades Cintakarya ini.

Seperti yang diketahui, pada ajang Pilkades Cintakarya lalu, Calon nomor urut 2, Agus Hambali dan calon nomor urut 4, Wawan Setiawan sama-sama memperoleh jumlah suara yang sama, yaitu 1219 (Seribu Dua Ratus Sembilan Belas) suara.

Untuk kejadian seperti ini, keputusan siapa yang menjadi pemenang di tentukan berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) KBB, Nomor 35 Tahun 2019 Pasal 55 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pilkades.

Dalam Pasal 55 itu disebutkan, penentuan calon kepala desa terpilih yang perolehan suaranya sama lebih dari 1 (satu) orang, calon terpilih di tetapkan berdasarkan persebaran perolehan suara yang lebih luas di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Jumlah suara sah terbanyak di TPS 2 yaitu 721 suara. Di TPS tersebut, calon no 2 mendapat 432 suara dan calon no 4 mendapat 247 suara atau selisih 185 suara.

Mengacu pada Perbup tersebut, maka calon nomor urut 2 Agus Hambali diputuskan menjadi menjadi Kepala Desa terpilih Desa Cintakarya, Kecamatan Sindangkerta, oleh Panitia Pilkades KBB.

Baca Juga,  Komoditas Pertanian Anjlok Lebih 50%, Anggota DPRD Jabar Ini Kritisi Pemprov

Wandiana, Kepala DPMD KBB, yang juga merupakan Wakil Ketua Panitia Pilkades Tingkat KBB mengatakan akan menampung aspirasi yang datang dan akan mempertimbangkannya.

“Proses penyelarasan data-data tahapan sesuai Perbub. Dengan bukti-bukti yang diajukan oleh pemohon yang berkeberatan terhadap ketetapan Kades terpilih oleh Panitia Desa, termasuk berita acara mulai dari pemungutan suara sampai menetapkan. Dari hasil telaahan akan diselaraskan dengan Perbub, baru ada kesimpulan”, jelasnya kepada Redaksi Bangbara.com melalui pesan singkatnya.

Pertemuan diskusi yang dimulai sejak siang hingga sore hari itu dihadiri sekitar 20 orang yang terdiri dari para perwakilan pihak Cakades Wawan, unsur kepolisian Sindangkerta, Padalarang, dan Polres itu, hingga kini belum menemukan titik terang solusi, apakah akan dilaksanakan Pilkades ulang, ataukah tetap menggunakan ketentuan Perbup yang sudah ada tersebut.

“Yaa Kami masih melakukan penyelarasan untuk kesimpulan ini.” Tambah Wandi

(GTR)

 

Editor : Mohammad Addien

 

 

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed