oleh

Mengapa Hari Cuci Tangan Sedunia 2020 Dapat Menjadi Momen Pencegahan Covid-19?

Link Banner

Padalarang, BANGBARA.COM. – Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sedunia atau Global Handwashing Day diperingati setiap tanggal 15 Oktober setiap tahunnya. Tahun ini, perayaan CTPS berlangsung di tengah pandemi Covid-19 yang tengah melanda berbagai Negara di Dunia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Kirana Pritasari meminta peringatan ini dijadikan sebagai momen pengingat bahwa CTPS bisa sebagai salah satu upaya pencegahan Covid-19.

Link Banner

“Pandemi Covid-19 telah menjadi pengingat yang kuat bagi kita semua, bahwa salah satu cara paling sederhana namun efektif untuk menghentikan penyebaran virus adalah perilaku cuci tangan dengan sabun dan air mengalir”, ungkap Kirana dalam pembukaan Seminar Daring Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Kamis (15/10/2020), seperti dikutip dari okezone.

Pencegahan melalui cuci tangan adalah metode yang bukan saja mudah melainkan juga efektif dan efisien menangkal penyakit.

Saat pandemi Covid-19 ini mewabah, cuci tangan adalah salah satu pencegahan yang gencar digaungkan para Ahli dan Pemerintah, melalui gerakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Mencuci tangan yang tepat dan benar tak sekadar membasuh tangan dan mencucinya, karena terdapat beberapa ketentuan agar kuman di permukaan tangan benar-benar tersingkir.

Pertama, mulailah dengan membersihkan bagian atas tangan. Kemudian bersihkan punggung tangan, ujung jari, ibu jari, telapak tangan, pergelangan tangan dan bagian atas tangan. Gosok tangan dengan sabun. Lalu putar keran untuk membilas dan keringkan dengan handuk atau tisu.

Ilustrasi langkah mencuci tangan dengan benar. (foto: IDI)
Ilustrasi langkah mencuci tangan dengan benar. (foto: IDI)

Namun jika memiliki akses terbatas terhadap air dan sabun, misalnya sedang di tengah perjalanan maka dapat menggunakan Hand Sanitizer atau cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

Baca Juga,  Puting Beliung Hantam Cililin KBB, 17 Rumah Porak Poranda, Ini dia Datanya

Reporter: Mohammad Addien 
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner

Komentar

News Feed