oleh

Mantab, Satu Lagi Akses Wisata Alam di Saguling Dibuka Kembali Secara Mandiri, Ini Dia Panyawangan

Link Banner

Saguling, BANGBARA.COM. – Kembali dibuka sebuah Objek Wisata baru di Kabupaten Bandung Barat (KBB), tepatnya di Kampung Cibangkonol RT01 RW12 Desa Saguling, Kecamatan Saguling, pada Senin (07/09/2020).

Objek Wisata Alam ini diberi nama Wisata Panyawangan Tapak Sangkuriang, yang secara resmi dibuka oleh Kepala Desa Saguling Lia Mutiara, yang juga dihadiri oleh Karang Taruna RW dan Desa, Pokdarwis, beberapa Komunitas, serta Oranisasi Pejuang Siliwangi Indonesia (PSI).

Link Banner
Link Banner
Kepala Desa Saguling, Lia Mutiara (kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Abah Manra (kiri), selaku pengelola, saat peresmian Objek Wisata Panyawangan, di Kampung Cibangkonol RT01 RW02 Desa Saguling, Kecamatan Saguling, KBB. Senin (07/09/2020).
Kepala Desa Saguling, Lia Mutiara (kanan) menyerahkan potongan tumpeng kepada Abah Manra (kiri) selaku pengelola, saat peresmian Objek Wisata Panyawangan, di Kampung Cibangkonol RT01 RW02 Desa Saguling, Kecamatan Saguling, KBB. Senin (07/09/2020).

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dipimpin langsung oleh Lia Mutiara, disaksikan tamu undangan dan masyarakat setempat, serta dilakukan juga pembagian masker untuk warga setempat dan pengunjung, guna mendukung Program Pemerintah dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Dengan luas sekitar 1 hektar, Objek Wisata Panyawangan ini menawarkan pemandangan alam yang dikelilingi oleh Hutan Jati”, terang Nuryadi atau yang akrab disapa Abah Manra, Ketua Karang Taruna RW yang juga dipercaya sebagai pengelola, saat ditemui di lokasi.

Abah Manra yang juga merupakan Ketua Komunitas Panca Nunggal juga menjelaskan bahwa seluruh lahan yang dijadikan Objek Wisata tersebut merupakan lahan milik pribadi warga yang mana 4 pemiliknya sudah mengizinkan lahan mereka digunakan sebagai Objek Wisata.

Selain keindahan alam dengan melihat Sunset (matahari tenggelam) dengan keindahan yang luar biasa, ditambah dengan keunikan ciri khas minuman kopi, maupun pernak pernik kerajinan yang di sajikan untuk memanjakan Wisatawan.

Abah Manra saat berbincang dengan Tim Bangbara.com, saat peresmian Objek Wisata Panyawangan, di Kampung Cibangkonol RT01 RW02 Desa Saguling, Kecamatan Saguling, KBB. Senin (07/09/2020).
Abah Manra saat berbincang dengan Tim Bangbara.com, saat peresmian Objek Wisata Panyawangan, di Kampung Cibangkonol RT01 RW02 Desa Saguling, Kecamatan Saguling, KBB. Senin (07/09/2020).

“Salah satu yang menarik disini selain keindahan alam, akan ada Kopi tumbuk khas disini yang diberi gula merah dan disajikan dalam teko dan gelas yang terbuat dari bambu, yang merupakan ciri khas dan kreasi para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna disini”, jelas Abah Manra kembali.

Baca Juga,  Bupati Umbara Bagikan 5 Hadiah Ibadah Haji ONH Plus dan Umrah Bagi Juara MTQ KBB

Sementara itu, Kepala Desa Saguling Lia Mutiara menegaskan bahwa obyek Wisata Panyawangan ini merupakan murni berada di daerah Desa Saguling dan Kecamatan Saguling, tidak bersinggungan dengan Desa atau Kecamatan lain.

“Lokasi ini murni lho dan sepenuhnya berada di wilayah Desa Saguling, Kecamatan Saguling ya, jadi jangan sampai nanti ada lagi pihak yang mengklaim ini masuk wilayah atau daerahnya”, tegas Lia.

Salah satu spot Objek Wisata Panyawangan, di Kampung Cibangkonol RT01 RW02 Desa Saguling, Kecamatan Saguling, KBB, yang baru diresmikan. Senin (07/09/2020).
Salah satu spot Objek Wisata Panyawangan, di Kampung Cibangkonol RT01 RW02 Desa Saguling, Kecamatan Saguling, KBB, yang baru diresmikan. Senin (07/09/2020).

Dilanjutkan Lia, untuk mencapai lokasi Wisata Panyawangan ini tidaklah sulit, karena tinggal mengikuti arah menuju Bendungan Saguling, lalu pasti akan bertemu Kampung Cibangkonol lokasi sebelah kanan jalan, akan terlihat gapura tempat Objek Wisata Panyawangan ini berada.

Saat disinggung apakah sudah ada campur tangan dari Pemerintah Daerah khususnya melalui Dinas terkait yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Lia menyatakan belum ada sama sekali.

“Desa Saguling membangun akses dan lokasi ini murni bersama para Komunitas secara Mandiri. Sampai saat ini belum ada pihak Pemerintah yang ikut membantu. Ya, saya berharap semoga Disparbud KBB maupun lainya dapat ikut peduli dan semoga ke depan Objek Wisata ini bisa menjadi semakin besar dan eksis”, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien/Abdul Kholilulloh
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed