oleh

Longsor Menutup Akses Jalan di Parongpong KBB

Parongpong, BANGBARA.COM – Longsor kali ini terjadi dari tebing setinggi sekitar 15 Meter hingga menutupi akses jalan di Kampung Cicarita Rt 04/19, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Rabu malam, (6/11/2019).

Tinggi dan derasnya curah hujan yang mengguyur wilayah KBB sejak Rabu Malam (6/11/2019), mengakibatkan matrial longsor menutupi akses jalan dari Kampung Cicarita KBB, menuju Gegerarum, Kota Bandung.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo yang dikonfirmasi melalui pesan singkatnya menyebutkan, bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor tersebut.

Akibat kejadian ini, terdapat 4 rumah yang kondisinya terancam. Nampak terlihat dari adanya retakan-retakan yang di sebabkan tergerus oleh longsor tersebut.

Akibat peristiwa ini, warga desa yang ingin melakukan aktifitas harus memutar atau mengambil jalur alternatif untuk menuju kedua lokasi tersebut. Sebab, lokasi longsor berada di lereng bukit yang diapit oleh tebing dan perairan.

“Untuk sementara akses hanya dapat dilalui untuk pejalan kaki. Untuk membuka akses jalan, saat ini petugas dari BPBD, Koramil, Polsek dan warga masyarakat sekitar lokasi bergotong royong membersihkan material longsor yang menutup badan jalan,” ungkap Duddy, Kamis, (7/11/2019).

Pihak BPBD KBB pun menghimbau kepada para warga yang rumahnya terancam, agar segera mengungsi terlebih dahulu, dikhawatirkan terjadi hujan lebat lagi, dan menyusul longsor berikutnya.

“Kami mengimbau kepada warga untuk waspada dan segera mengungsi apabila terjadi hujan lebat. Kami juga telah memasang rambu-rambu peringatan rawan bahaya longsor di sekitar lokasi,” pungkasnya. (***)

Baca Juga,  Reuni dan Bukber Alumni SMPN 2 Padalarang, Luar Biasa Penuh Kesan

Komentar

News Feed