oleh

Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Persiapkan Perayaan HUT Ke 58, Ini Dia Kegiatanya

Ngamprah, BANGBARA.COM – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka ke-58.

Kegiatan tersebut salah satunya, napak tilas ke Tugu Peringatan Perlawanan Masyarakat Cipongkor di Kampung Cikentit Cipari Desa Cijambu Kecamatan Cipongkor dengan cara touring menggunakan sepeda motor yang akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2019.

Link Banner

Dilakukanya tujuan ke arah lokasi tersebut karena ada Tugu Peringatan Perlawanan Masyarakat Cipongkor yang selama ini masih berdiri di Kampung Cikentit Cipongkor.

“Saya sendiri sudah kesana dan mendengar cerita tentang sejarah berdirinya tugu itu dari Nenek Ani, sebagai saksi hidupnya. Itulah yang melatar belakangi kenapa kita hendak napak tilas ke sana (tugu),” terang Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Djunaedi, Sabtu (3/8/2019) di Ngamprah.

Melalui napak tilas inilah, Aseng ingin berbagi tentang sejarah bangsa terutama yang telah terjadi selama dalam masa perjuangan dahulu. Momentumnya cukup pas berkaitan dengan HUT Pramuka ke-58.

“Paling tidak, kita bisa menghargai jasa para pahlawan dengan mengetahui sejarah perjuangannya ketika di medan perang. Dan sejarah itu, ternyata ada di daerah kita juga,” tuturnya.

Sementara kegiatan napak tilas ini melibatkan perwakilan Kwartir Ranting (Kwaran), pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka KBB, perwakilan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), Dewan Kerja Cabang (DKC) serta unsur lainnya.

Untuk memberikan kesan tersendiri tentang kegiatan tersebut, panitia pelaksana akan membentuk tim kirab yang terdiri dari 58 orang. Jumlah tim kirab, sesuai dengan usia Pramuka yang telah berusia 58 tahun.

Untuk pelaksanaannya, diagendakan peserta touring menggunakan kendaraan sepeda motor membonceng satu orang.

“Setiap kwaran kita minta 10 motor plus satu mobil. Jadi yang pakai motor 20 orang karena goncengan, yang 5 orang bisa pake mobil,” terang Ketua Panitia Pelaksana HUT Pramuka KBB H. Kosasih.

Baca Juga,  Melihat Potret Ibu Ilah, Hengki Himbau Seluruh Kepala Desa Untuk Peka Terhadap Kondisi Warganya

Touring inipun bakal dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Waka Mabicab) Gerakan Pramuka KBB Hengki Kurniawan.

Start dilepas oleh Waka Mabicab yang sekaligus sebagai Wakil Bupati Bandung Barat tersebut serta Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Djunaedi di Plasa Mekar Sari Komplek Perkantoran KBB- Ngamprah.

Ketua Touring/Napak Tilas Achmad Agus Sudrajat menjelaskan jalan yang dilalui untuk touring Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke Tugu Peringatan Perlawanan Masyarakat Cipongkor di Kampung Cikentit Desa Cijambu Kecamatan Cipongkor dibagi empat etape.

Mulai dari etape I lokasi pelepasan di Plasa Mekar Sari Komplek Pemkab Bandung Barat-Ngamprah – Kantor Kecamatan Saguling sepanjang 18 km. Untuk etape 1 ini, ada CP 1 di Lapang Sepak Bola Cijambe Desa Cikande dan CP 2 Pertigaan Galian Pasir Cikande.

Kemudian untuk etape II, di Kantor Kecamatan Saguling-Lapang Borrow Fit sepanjang 12 km dengan cek poin (CP) 1 Pertigaan Kantor Desa Jadi dan CP 2 Pertigaan Cibanteng (Rajamandala-Saguling). Perjalanan dilanjutkan ke etape III, napak tilas menuju Tugu Perjuangan Rakyat Cipongkor sepanjang 3 km.

“Rombongan nanti dibagi dua. Tim kirab melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Tugu Pahlawan. Yang lainnya, langsung ke Buper Bandung Barat Lumpaaat (Bumi Perkemahan IP Saguling) untuk melaksanakan berbagai lomba,” jelas Agus.

Ketua HUT Gerakan Pramuka KBB H. Budi Sudrajat menambahkan selain touring, untuk memeriahkan HUT Pramuka tingkat KBB ini panitia juga sebelumnya mengadakan lomba kwaran terbaik. Agendanya, penilaian lomba kwaran dilaksanakan pada 13-14 Agustus 2019.

Bagi juara 1 disediakan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta, juara 2 Rp1 juta dan juara 3 Rp750 ribu. “Hadiah akan diberikan pada puncak peringatah HUT Pramuka Tingkat KBB, antara 27-30 Agustus,” terang H. Budi.

Baca Juga,  Masa Berlaku SKCK Adalah 6 Bulan Sejak Tanggal Diterbitkan

Untuk memantapkan agenda-agenda tersebut, Kwarcab dan Kwaran Gerakan Pramuka KBB akan melakukan kemah bersama di Ciwangun Indah Camp (CIC), 9 Agustus mendatang.

“Kita bahas lagi tentang tekhnik pelaksanaannya, sekaligus sebagai ajang mempererat jalinan silaturahmi diantara kita,” ucap H. Budi atau kerap dipanggil kak HBS oleh lingkungan Gerakan Pramuka KBB.(Ni)

Editor : Muhammad Addien

 

 

Link Banner

Komentar

News Feed