oleh

KPU KBB Sosialisasikan GMHP Dan 3 Cara Cek DPT

Padalarang, BANGBARA.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan sosialisasi untuk para masyarakat di KBB dengan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) dan 3 cara cek Data Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019.

Melalui perintah KPU RI, kini KPU KBB mensosialisasikan dengan mengakomodir data masyarakat, apabila ada yang belum masuk pada daftar pemilih, maka harus dilakukan pengecekan dan mengkoreksi apabila terdapat data yang salah input dalam hal NIK pada E-KTP.

Ketua KPU KBB Adie Saputro menyampaikan kepada Bangbara.com beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat dalam hak pilihnya. Dalam hal ini pihaknya melakukan kerjasama kepada Disdukcapil yang mempunyai kewenangan dalam administrasi kependudukan dalam pendataan Nomor KK atau Nik, semua elemen diperiksa seperti data yang ada di Disduk.

“Gerakan ini sudah dibuka sejak tgl 1 hingga 28 November 2018 dalam bentuk posko-posko, dan kantor posko utama tetap disini dan untuk yang di kecamatanoleh PPK dan untuk desa oleh PPS. Kali ini kami sedang singkronkan data kependudukan. Untuk itu sekarang bagi para parpol bisa ikut sama-sama untuk membantu mengecek DPT nya agar para pemilihnya masuk pada Daftar Pemilih” jelas Adie.

Data yang disingkronisasi itu tidak jauh dari data pemilih pilkada sebelumnya, namun tetap harus diperbaharui karena bisa jadi terdapat warga yang tutup usia, atau yang pindah keluar KBB atau masuk menjadi warga KBB sehingga diperlukan pendataan ulang. Yang juga dikhawatirkan adalah jika terjadi data yang ganda.

“Barangkali ada masyarakat yang belum terakomodir atau yang belum masuk kepada daftar pemilih. Sekaligus pengecekan mengkoreksi siapa tau ada data salah input dalam hal Nik pada KTP. Karena Disduk juga memiliki kesibukan yang lain sehingga para operator tingkat kecamatan ikut membantu untuk melakukan pendataan sendiri. Semua masih dalam proses sinkronisasi data, sehingga kali ini masih direkap dan Belum full” paparnya.

Pihaknya berharap setelah tanggal 28 November ini sesuai yang ditentukan KPU RI, akan diumumkan penetapan DPT nya. Karena KPU KBB hanya diberikan wewenang penyesuaian data saja.

Masih kata Adie bagi masyarat KBB yang berusia 17 tahun keatas atau sudah menikah, dan sudah mempunyai hak pemilih, untuk segera bisa mendaftarkan atau mengecek dalam daftar pemilih agar bisa mengikuti pemilihan umum pada 2019 yang akan datang.

Ada 3 langkah untuk mengetahui atau cara cek DPT diantaranya yaitu mendatangi PPS terdekat, lalu bisa cek data DPT yang berada di TPS terdekat secara manual, berikutnya  Bisa juga melakukan pengecekan melalui website resmi KPU di www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dari website itu bisa melakukan pengecekan langsung dengan memasukan Nik atau nama. Yang terakhir masyarakat bisa mendownload aplikasinya pada playstore Android yaitu ‘KPU RI Pemilu 2019’. Pada aplikasi tersebut, bisa melakukan pengecekan yang sama dengan cek data Nik atau nama.

“Kami berharap warga KBB bisa ikut berpartisipasi dengan mendaftarkan diri segera, dan bagi pengurus parpol juga bisa ikut bersama-sama membantu untuk melakukan pendataan kepada para calon pemilihnya untuk ikut mensukseskan pada Pemilu 2019 yang akan datang” tambahnya. (Adn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed