oleh

Kehadiran Esemka, Mobil Karya anak Bangsa Yang Menuai Pro dan Kontra

Link Banner

Jakarta- BANGBARA.COM- Setelah dinantikan kehadirannya cukup lama, akhirnya beredar kabar bahwa mobil perdana Esemka siap untuk dipasarkan secara resmi. Hal itu diketahui dari daftar yang ada di Kementerian Dalam Negeri.

Dilansir dari laman resmi Kemendagri, pada senin 6 Mei 2019, daftar tersebut berisi mengenai mobil-mobil yang sudah diizinkan untuk dijual secara nasional. Dalam daftar, tercantum nama Esemka Garuda 1 2.0 M/T.

Link Banner

Kode yang mirip seperti itu, juga pernah muncul dalam daftar uji tgoipe Esemka di Kementerian Perhubungan. Garuda 1 menjadi salah satu model yang sudah lolos uji tipe.

Beberapa tahun lalu, wujud Garuda 1 sempat tertangkap kamera media, tengah diangkut sebuah truk. Dari bentuknya, diketahui bahwa mobil itu mengusung desain sport utility vehicle.

Dari kode yang digunakan, diketahui bahwa mobil tersebut mengusung mesin 2.000cc. Transmisi yang disediakan hanya satu, yaitu manual.

Pada laman Kemendagri, merek yang digadang-gadang sebagai mobil nasional itu mencantumkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor untuk Garuda 1 dengan harga Rp 209 juta. Angka tersebut mirip dengan NJKB milik Toyota Rush tipe S transmisi manual. Artinya, ada kemungkinan harga jualnya tidak jauh berbeda.

Namun, yang harus dipikirkan adalah plus dan minus dari kehadiran mobil Esemka ini. Plusnya, hal ini merupakan kebanggaan tersendiri terhadap karya anak bangsa, karena kita tak perlu terus menerus mengimpor kendaraan bermotor dari luar negeri.
Namun minusnya, kehadiran mobil yang jumlahnya semakin banyak justru dapat memperparah kemacetan dan memperparah tingkat polusi.

(ITN)

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Baca Juga,  Melalui Rakon, TP PKK Cipongkor Ingin Tingkatkan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga

Komentar

News Feed