oleh

Karena Bangga Bupati Umbara Rogoh Kocek Pribadi Rp10 Juta Sekaligus Resmikan ‘Kampung Kurang Sampah’

Link Banner

Cisarua, BANGBARA.COM. – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meresmikan Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Selasa (14/07/2020).

Dalam acara tampak pula hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB Apung Hadiat Purwoko, Adm Perum Perhutani Bandung Utara Komarudin, Kapolsek Cisarua, Camat Cisarua, para Kades se Kecamatan Cisarua, serta tamu undangan dan warga sekitar.

Link Banner

“Hari ini Bapak bisa hadir disini selain karena tergerak dengan permintaan Kades yang meminta untuk meresmikan Kampung Kurang Sampah, juga karena bangga ada pihak yang mau berinovasi mengenai penanganan sampah di KBB”, ujar Umbara dalam pembukaan sambutannya.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bersama Kepala Desa Kertawangi Sugianto, saat meresmikan Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (14/07/2020).
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna bersama Kepala Desa Kertawangi Yanto Bin Surya, saat peresmian Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (14/07/2020).

Dilanjutkannya, walaupun merasa bangga namun dirinya tidak mau memberikan penghargaan saat ini karena takutnya ini hanya bertahan beberapa bulan saja Desa disebut kurang sampah.

“Diresmikan hari ini, bukan berarti kurang sampah itu mau ada sampah. Kita akan pantau selama 3-6 bulan apakah sampah-sampah yang ada yang dibakar disini nantinya bisa berguna dijadikan pupuk organik atau yang lainnya, jika bisa maka baru akan diberi penghargaan yang nantinya bisa menjadi contoh bagi Desa lainnya”, lanjut Umbara.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna memberikan hadiah Rp10 Juta kepada Kepala Desa Kertawangi Sugianto, saat meresmikan Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (14/07/2020).
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna memberikan hadiah Rp10 Juta kepada Kepala Desa Kertawangi Yanto Bin Surya, saat meresmikan Kampung Kurang Sampah di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (14/07/2020).

Walau tidak memberikan penghargaan secara khusus, Umbara memberi sumbangan dari kantong pribadinya senilai Rp10 juta untuk mendukung Kampung Kurang Sampah dan sebagai penyemangat untuk mengatasi soal sampah di Desa Kertawangi.

Baca Juga,  Kecelakaan Terjadi Lagi, Truk Pengangkut Pasir Terguling di Cipongkor

Sang Bupati menambahkan, sampah bisa dikurangi dengan adanya inovasi. Dengan mengurangi sampah artinya lingkungan bisa menjadi bersih, terlebih KBB terkenal sebagai daerah tujuan wisata.

“Kalo bisa bukan cuma berkurang tapi bebas sampah. Karena banyak manfaat bisa didapatkan dari hasil pengolahan sampah. Produk olahan sampah itu banyak seperti briket, kompos, dan juga dijadikan Biogas sebagai energi bahan bakar rumah tangga”, terangnya kembali.

Satu hal menarik disebutkan oleh Umbara bahwa ke depan wilayah Cisarua, Lembang, dan Parongpong akan menjadi wilayah teramai di KBB karena sudah dipersiapkan banyak pembangunan, namun tertunda karena adanya Pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan tahun ini kita akan coba anggarkan melalui DLH untuk 7 Desa dengan Desa Kertawangi sebagai pencetus Kampung Kurang Sampah. Kita (Pemda KBB) akan siapkan sarana dan prasarananya. Jika berhasil, mungkin nantinya semua wilayah nantinya akan dilakukan hal yang sama”, pungkasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Apung Hadiat Purwoko, memberikan sambutan saat peresmian Kampung Kurang Sampah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Selasa (14/07/2020).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Apung Hadiat Purwoko, memberikan sambutan saat peresmian Kampung Kurang Sampah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Selasa (14/07/2020).

Hal ini diamini oleh Kepala DLH KBB Apung Hadiat Purwoko yang menyatakan adanya Kampung Kurang Sampah ini ini adalah salah satu bukti inisiatif seorang pemimpin yang inovatif dan menjadi inisiator.

“Saya apresiasi Kades Kertawangi dengan Program Kampung Kurang Sampah ini, karena ini adalah satu bukti inisiatif seorang pemimpin yang inovafitif dan menjadi inisiator. Mudah-mudahan ini langkah lawal yang bisa ditiru Desa lain, karena masalah sampah adalah masalah kita bersama”, ucapnya.

Kepala Desa Kertawangi, Sugianto memberikan sambutan saat peresmian Kampung Kurang Sampah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Selasa (14/07/2020).
Kepala Desa Kertawangi, Yanto Bin Surya (Akang Ewon) memberikan sambutan saat peresmian Kampung Kurang Sampah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Selasa (14/07/2020).

Sementara itu, Akang Ewon panggilan Kepala Desa Kertawangi ini menyebutkan bahwa gagasan dirinya membuat Kampung Kurang Sampah karena dirinya awalnya termotivasi dari Bupati yang setiap waktu mengkampanyekan pentingnya menjaga kebersihan.

Baca Juga,  Corona Lewat, Disdukcapil KBB Lumpuh, Namun Pelayanan Tetap Berjalan Melalui Online

“Melihat tidak kenal lelahnya Bupati saya berfikir harus menjadi solusi bagi KBB untuk masalah sampah. 6 bulan yang lalu di belakang rumah saya banyak tumpukan sampah. Setelah sebulan bersama rekan-rekan rutin sampah-sampah itudipungut dan dibakar, akhirnya bersih”, terangnya.

Gerbang masuk Kampung Kurang Sampah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, KBB.
Gerbang masuk Kampung Kurang Sampah Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, KBB.

Kang Ewon ini juga menjelaskan dengan berjalannya waktu dan dukungan semuan elemen dan pihak terutama masyarakat, akhirnya Kampung Kurang Sampah berhasil dibentuk.

“Kita ada petugas khusus yang membantu masalah sampah disini yang disebut Pemburu Sampah. Ke depannya saya yakin dengan dukungan semua pihak dan masyarakat akan mampu menyelesaikan masalah sampah di KBB”, tegas pria yang juga dikenal sebagai aktifis lingkungan ini.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed