oleh

Karang Taruna KBB Terus Bermitra dengan Berbagai Kalangan, Untuk Masyarakat KBB

Padalarang, BANGBARA.COM. – Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus dan tak henti melalukan mitra dan kerjasama dengan beberapa SKPD maupun Instansi Pemerintahan lainya demi membantu segala kebutuhan masyarakat di KBB.

“Belum lama ini kami bermitra dan membuat MoU (perjanjian kerjasama) dengan Badan Amil Zakat Nasinonal (Baznas) KBB terkait pendistribusian bantuan kepada masyarakat khususnya lansia yang terdampak Covid-19″, terang Ujang Rohman, Ketua Karang taruna KBB yang ditemui, Kamis (03/09/2020).

Dilanjutkannya, dari kegiatan tersebut berhasil mendistribusikan untuk sekitar 1.000 paket bantuan untuk lansia di KBB. Selain itu, dari kemitraan dengan Baznas tersebut juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di 50 Desa yang ada di KBB.

Ujang Rohman (kiri), Ketua Karang Taruna KBB saat membuat MoU dengan Iing Solihin (kanan), Kepala Disnakertrans KBB.
Ujang Rohman (kiri), Ketua Karang Taruna KBB saat membuat MoU dengan Iing Solihin (kanan), Kepala Disnakertrans KBB.

Dari kemitraan itu juga berhasil membentuk unit teknis Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah (Lazis) di Karang Taruna yang sudah di beri Surat Keputusan (SK) oleh Baznas hingga Lazis Karang Taruna ini mempunyai hak otonom untuk bagaimana mengumpulkan dan mendistribusikan”, terang pria yang akrab disapa Ujro ini.

Ujro melanjutkan, dengan sudah adanya SK tersebut, maka titipan dari Aghnia (pemberi) baik itu berupa Zakat Fitrah, atau lainnya, dapat di distribusikan oleh Lazis Karang Taruna kepada 8 Aznaf (penerima), maupun masyarakat.

“Terakhir Lazis Karang taruna KBB berhasil mengumpulkan Rp30 Juta, dari para Aghnia dan melakukan Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus) di beberapa Kecamatan yang ada di KBB”, ucap Ujro kembali.

Selain dengab Baznas, Ujro juga menyebutkan bahwa Karang Taruna KBB juga telah bekerjasama dengan beberapa Dinas di Pemerintahan KBB, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kantor Pos, serta Perguruan Tinggi.

Baca Juga,  Curug Ciastana, Pesona Wisata Cianjur Selatan Yang Belum Dilirik Pemerintah
Ujang Rohman (kanan), Ketua Karang Taruna KBB saat membuat MoU dengan Hernawan (kiri), Kepala Dinkes KBB.
Ujang Rohman (kanan), Ketua Karang Taruna KBB saat membuat MoU dengan Hernawan (kiri), Kepala Dinkes KBB.

“Dengan Dinkes kita bermitra bagaimana mendata masyarakat terdampak Covid, baik ODP maupun yang positif, yang nantinya Ketua Karang Taruna yang ada di Desa tersebut membuat laporan bahkan membuat Rumah Isolasi di Desa yang warganya ada terkena Covid-19, serta juga melakukan penyemprotan disinfektan”, tutur Ujro.

Sementara untuk kerjasama dengan Disnakertrans menurut Ujro lebih ke aspek penanggulangan ekonomi pasca Covid-19, yakni mendata masyarakat yang terkena PHK atau dirumahkan karena Covid-19 dan juga pemuda yang belum bekerja.

“Data dari tiap Desa kita kumpulkan dan serahkan ke Disnakertrans. Untuk yang belum bekerja ini, kita bekerjasama dengan Disnakertrans membuat Pelatihan Pra Kerja yang disesuaikan dengan potensi dan minat yang bersangkutan bisa bidang Pertanian, Kuliner, Perbengkelan, atau lainnya, yang mana tempat pelatihan dilakukan di BLK yang ditunjuk oleh Disnakertran”, jelas Ujro.

Ujang Rohman (kanan), Ketua Karang Taruna KBB saat membuat MoU dengan PT. Pos Indonesia
Ujang Rohman (kanan), Ketua Karang Taruna KBB saat membuat MoU dengan PT. Pos Indonesia.

Sementara untuk kerjasama dengan Kantor Pos, Ujro menjelaskan kerjasama tersebut terjalin pada saat penyaluran dan pendistribusian 82.550 paket Bantuan Sosial dari gubernur Jawa Barat untuk masyarakat KBB yang lalu.

“Kalau dengan Perguruan Tinggi, kita bekerjasama dengan STIA Kota Bandung terkait bagaimana menghimpun potensi masyarakat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kerjasama penelitian, pengabdian masyarakat, dan juga membuka kesempatan bagi anak muda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana S1″, pungkasnya.

Reporter: Mohammad Addien
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Komentar

News Feed