oleh

Kaget Terima Status Zona Biru Menjadi Kuning, Pemkab Bandung Barat Sampaikan Ada Kesalahan Data

Link Banner

Lembang, BANGBARA.COM. – Berubahnya status Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari yang awalnya sudah di Zona Biru lalu menjadi Zona Kuning oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) cukup mengejutkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna.

“Jujur kita (Pemkab Bandung Barat) kaget ketika Pemprov Jabar mengumumkan KBB saat ini masuk Zona Kuning, karena berdasarkan data yang kita miliki sebenarnya kita itu masih berada di Zona Biru”, ungkap Umbara saat ditemui awak media usai melakukan peninjauan kesiapan Objek Wisata Floating Market dan Farm House di kawasan Lembang, pada Minggu (05/07/2020).

Link Banner

Menurut Umbara, hal ini terjadi karena adanya kesalahan dan tidak singkronnya data yang dimiliki KBB dengan Pemprov Jabar, dimana sebenarnya data terbaru KBB belum sempat di informasikan, Pemprov sudah terlanjur mengumumkan berdasarkan data yang mereka miliki.

“Ya ini karena ada kesalahan secara data. Dimana disebutkan ada penambahan 2 kasus baru positif Covid-19 di KBB, padahal sebenarnya 2 warga tersebut memang secara administratif warga KBB, namun mereka berdomisili di luar KBB. Artinya bukan positif di KBB”, lanjut Umbara.

Ditambahkannya, hal ini harus segera diluruskan agar jangan sampai ada keraguan masyarakat terutama dari luar Jabar untuk berkunjung ke KBB terutama lokasi-lokasi wisata, karena . Pendapatan Asli Daerah (PAD) KBB mayoritas berasal dari sektor Pariwisata.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB, Hernawan Widjajanto yang ditemui dilokasi yang sama dimana dirinya mengakui bahwa memang terjadi kesalahan data antara Pemerintah KBB dengan Pemprov Jabar.

“Memang telah terjadi kesalahan dan ketidakcocokan data, namun kami (Dinkes KBB) sudah melakukan pencocokan dan menyelesaikannya dengan Pemprov Jabar. Dan untuk 2 kasus baru warga positif Covid-19, saya pastikan walau mereka memegang KTP KBB, namun domisili mereka bukan di KBB. Jadi bukan positif di dapat dari KBB”, jelasnya.

Baca Juga,  Pelaku Penipuan dan Pemerkosaan Berkedok Lowongan Kerja Diringkus Polres Cimahi

Reporter: Wawan Saefulatif
Editor: Guntur Priyo

Data Corona Indonesia Selengkapnya Klik di Sini

Link Banner
Link Banner

Komentar

News Feed