oleh

Independen, Membangun Kesadaran Masyarakat Indonesia Dalam Berpolitik

Oleh : Asep Ridwan

 

SEREMONIAL – Cita-Cita dari awal para pejuang Independen atau Perseorangan menguji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) adalah :
1. Independen memberi semangat dan motivasi kepada Parpol agar lebih baik lagi dalam mendidik kader-kadernya atau non kader dalam menjadikan pemimpin.
2. Independen menjadikan pilihan bagi masyarakat yang bermaksud untuk mencalonkan diri menjadi pemimpin dalam kancah pilkada seperti Gubernur,Bupati,Walikota.
3. Memberikan semangat baru kepada masyarakat dengan hadirnya independen dalam kancah pilkada.

Adapun perhelatan dalam kancah pilkada dalam berstrategi untuk memenangkan nya antara parpol sesama parpol dan parpol dengan independen masing-masing tentunya punya strategi atau dengan caranya masing-masing

Strategi independen adalah tidak jauh berbeda dengan parpol namun independen menitik beratkan dari basis akar rumput yaitu dari masyatakat langsung, makanya dalam persyaratan pilkada independen di dukung oleh kartu tanda penduduk (KTP) dan di bubuhi tanda tangan (TTD).

Calon dari independen tentunya harus dikenal oleh masyarakat di daerahnya. Independen berangkat dari masyarakat dia harus publik pigur atau tokoh masyarakat, yang memang sudah mengakar di hati masyarakat.

Namun dalam teknis pelaksanaan pilkada tidak sesederhana itu, apalagi akan memenangkan pilkada, tentunya disamping sudah mempunyai jaringan yang terstruktur dan terukur, yang berbasis di akar rumput tetap saja faktor pendanaan lebih di utamakan meskipun itu relatif besar kecilnya pendanaan dalam pilkada, tapi tetap calon independen harus punya pendanaan. Melihat keadaan masyarakat sekarang yang sudah terbiasa dengan nilai materi masyarakat pragmatis, dan untuk mengembalikan kepada kesadaran masyarakat tidak pragmatis yaitu keadaan lah yang bisa merubah, atau ada semangat kebersamaan dalam perubahan.

Khusus di Bandung Barat meskipun tidak optimal dari para calon independen tapi kita sudah ikut mewarnai nilai nilai semangat perubahan.Nampaknya calon independen belum bisa menghadirkan calon pemimpin yang di dambakan oleh masyarakat tapi inilah perjuangan independen dalam mewarnai perpolitikan di indonesia umumnya di kab.bandung barat khususnya.

Hapapan kami mudah-mudahan kedepannya kesadaran masyarakat semangkin tinggi terhadap pilihan politiknya. Inilah semangat usaha dan upaya kami dalam perubahan di Bandung Barat demi tercapainya nilai kesejahteraan. Dan kami pun tidak alergi terhadap parpol, seandainya ada calon dari parpol yang betul-betul di harapkan oleh masyrakat dan bisa dianggap mensejahterakan maka itulah tujuan kami karena ruhnya pemimpin itu adalah bisa melaksanakan aspirasi masyarakat. Bukan melawan kehendak masyarakat. Dan kalau sudah ada kader atau non kader yang sudah siap.maka kami akan dukung

Go independen

 

 

Editor : Addien

 

75total visits,2visits today

Komentar

News Feed